12 Contoh Iklan Advertorial, Pengertian, Jenis dan Tujuannya

Kali ini kami akan sajikan artikel tentang contoh iklan advertorial, tidak lupa kami akan tuliskan juga pengertian, jenis dan tujuan dari iklan Adertorial itu sendiri.

Advertorial itu sendiri termasuk salah satu dari jenis atau bentuk iklan, disamping iklan elektronik, iklan poster dan lainnya.

Saat ini iklan Advertorial menjadi salah satu cara untuk mengiklankan barang atau jasa yang banyak di pilih oleh suatu perusahaan besar, karena lebih halus dan tidak terlihat seperti iklan.

Apa Itu Iklan Advertorial?

Pengertian iklan advertorial adalah iklan yang cara penyajiannya seperti sebuah artikel atau berita dengan menerapkan kaidah jurnalistik.

Kaidah jurnalistik yang di maksud disini seperti menerapkan 5W+1H, tapi penyajiannya lebih halus, dalam artian seolah olah ini bukan sebuah iklan.

Iklan Advertorial ini bisa kita jumpai di media masa dan juga website, dan bentuk penyajian dan tulisan akan berbeda antar media, ini karena kebijakan dan cara penyajian setiap media pasti berbeda.

Tujuan dan Fungsi Iklan Advetorial

Tujuan dari iklan advertorial adalah:

  1. Untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada Masyarakat luas.
  2. Untuk menanamkan citra baik kepada perusahaan kepada masyarakat tertentu yang menjadi target pengiklan.

Fungsi dari iklan Advetorial adalah sebagai pendamping, penerjemah dan penafsir dari produk atau jasa yang di iklankan.

Jenis Iklan Advertorial

  • Advertorial Produk
    Jenis iklan ini dalam penulisannya akan membahas tentang semua hal yang terkait dengan produk yang di iklankan. Tema tulisan bisa tentang merk, jenis, kualitas dan keberadaan produk tersebut.
  • Advertorial Jasa
    Jenis iklan ini dalam penulisannya akan banyak menyajikan pembahasan seputar jasa yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Tema tulisan yang di sajikan bisa tentang jenis jasa, kualitas dan pelayanan jasa atau apapun yang terkait degan jasa yang di iklankan.
  • Advertorial Korporat atau Perusahaan
    Jenis iklan ini dalam penulisan atau tema yang di sajikan biasanya tentang eksistensi suatu perusahaan dengan topik misal kegiatan perusahaan di masyarakat, kegiatan CSR dan lainnya.
  • Advertorial Pemerintahan
    Jenis iklan ini dalam penulisannya akan membahas seputar aktivitas dari pemerintah atau membahas suatu potensi tertentu di suatu daerah.

Sifat Iklan Advetorial

Sifat yang terkandung dalam iklan advertorial adalah:

  • Informatif
  • Eksplanatif
  • Interpretatif
  • Persuasif
  • Argumentatif
  • Influentatif
  • Eksploratif.

12 Contoh Iklan Advertorial

Berikut kami sertakan 12 contoh iklan Advertorial berdasarkan jenisnya.

1. Contoh Iklan Advertorial produk Super Pell. 

contoh iklan advertorial produk

Super Pell adalah produk berupa cairan pembersih lantai, produk ini membuat iklan advertorial dengan tema memperkenalkan tarian ala super pell, dan mereka membuat acara di suatu daerah mengajak ibu dan remaja putri untuk menari ala super pell.

Lihat iklan di atas, sepintas tidak seperti iklan karena mereka membuat artikel seputar acara perlombaan tarian ala super pell, dan ini secara tidak langsung memperkenalkan produk super pell itu sendiri kepada khalayak ramai.

2. Contoh Iklan Produk Pertamina

 

contoh iklan advertorial perusahaan

Contoh iklan advetorial dari perusahaan besar pertamina tentang menonton film gratis yang berjudul 5cm, kampanye atau iklan ini mengajak masyarakat untuk mencintai negeri Indonesia sesuai dengan tema dari film yang akan di tonton.

Lalu di akhir iklan diselipkan tentang Pertamax yang merupakan salah satu produk pertamina untuk di gunakan karena ini akan menolong negeri dari besarnya subsidi yang di tanggung.

3. Contoh Advertorial Jasa

contoh iklan advetorial jasa sms gateway

Ini adalah salah satu iklan tentang penggunaan jasa SMS Gateway, yang mungkin kita tidak tahu apa itu SMS gateway, dan apakah masih digunakan?

SMS gateway adalah sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima SMS, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain.

Dan ternyata SMS Gateway ini masih digunakan sampai saat ini, terutama untuk promosi serta info dari peerintah.

4. Contoh Advetorial Jasa Telkom

contoh advetorial jasa

Ini adalah contoh lain dari advetorial jasa dari PT TELKOM dengan mempromosikan tentang Netflix yang sudah bisa di akses oleh jasa mereka.

5. Contoh Advertorial Perusahaan

contoh iklan advertorial korporat

Iklan ini dari perusahaan besar MNC Media, yang mengumumkan tentang perubahan nama salah satu usaha mereka, yaitu radio Trijaya menjadi SINDO radio.

6. Contoh Iklan Advertorial Korporat

contoh iklan advetorial korporat

TELKOM yang merupakan perusahaan besar atau korporat membuat iklan advertorial seperti di atas, agar masyarakat lebih percaya dan tentu akan berimbas kepada bertambah banyaknya pelanggan mereka.

7. Contoh Iklan Advertorial Pemerintahan di Koran

iklan advetorial pemerintah bpjs

Iklan advetorial pemerintah adalah contoh advertorial di koran yang memperkenalkan dan mempromosikan tentang BPJS Ketenagakerjaan, dengan maksud dan tujuan agar semua pekerja mengikuti program pemerintah terkait BPJS.

8. Iklan Advertorial Produk Makanan

advetorial makanan

Pizza adalah makanan khas dari Italia yang saat ini di Indonesia sudah jamak kita temui, karena di bawa oleh pelopor pizza dengan merk pizza hut.

Dan salah satu produk makanan pizza dengan merek Pizza Time membuat iklan advetorial agar orang mengetahui tentang produk mereka dan harapan dari pemesang iklan ini agar produknya laku di pasaran.

9. Contoh Iklan Advertorial Minuman

contoh iklan advertorial minuman cola

Siapa yang tidak kenal dengan coca cola, produk minuman bersoda asal Amerika ini begitu banyak yang menyukainya, dan sekarang mereka memperkenalkan produk minuman terbaru tapi bukan minuman bersoda, melainkan kopi.

Untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru mereka, perusahaan ini membuat iklan advetorial yang tayang di sejumlah website dan juga koran.

10. Contoh Iklan Advertorial Pendidikan

contoh advertorial pendidikan

Iklan advetorial pendidikan ini di publikasikan oleh KEMENDIKBUD dengan maksud agar siswa siswi sekolah lebih kreatif dan bisa membuat karya yang lebih baik lagi di kemudian hari.

11. Contoh Iklan Advertorial Kecantikan

contoh-advetorial-produk-kecantikan

Oriflame adalah produk kecantikan yang sudah terkenal, dan mereka membuat advertorial dengan membawa sebuah artis, tidak lain tujuan iklan ini adalah agar masyarakat percaya dengan kualitasnya karena seorang artis saja memakainya.

12. Contoh Iklan Advertorial Produk Pakaian

iklan advertorial pakaian

Sebenarnya ini bukan tentang produk pakaian, tapi ini adalah produk deodorant rexona, yang membawakan tema tentang pakaian yang berwarna putih atau hitam, yang jika sudah terlihat keren tapi akan sangat mengganggu jika ada noda kekuningan di bagian ketiak karena keringat dan deodorat yang kualitasnya kurang baik.

Demikian pembahasan kali ini tentang apa itu advertorial, jenis dan tujuannya serta contoh iklan advertorial, semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Baca juga artikel berikut:

Speak Your Mind

*