Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya

Contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya, bahasan ini meliputi bagaimana menyusun struktur cerita inspiratif yang baik dan benar lalu contoh cerita inspiratif singkat kehidupan nyata, cerita inspiratif islam, cerita inspiratif perjuangan.

Cerita inspiratif adalah cerita yang akan membuat pembacanya menjadi lebih optimis, lebih maju, lebih percaya diri dan lebih baik lagi dari keadaan semula.

Dengan cerita inspiratif kita bisa mengubah orang lain dengan menyelipkan kisah yang dengannya membuat orang berubah sesuai dengan keinginan kita.

Misal kita ingin merubah orang agar tegar dan optimis menjalani kehidupan ini, maka kita buat teks cerita tentang bagaimana seseorang yang berjuang dengan keterbatasannya sehingga bisa menjadi orang sukses.

Dan untuk membuat cerita inspiratif perlu adanya struktur yang jelas, agar alur dari cerita yang kita buat tersusun rapi, yang pada akhirnya pesan yang kita sampaikan bisa di terima dengan baik dan tepat sasaran.

Struktur Teks Cerita Inspiratif

Struktur Teks Cerita Inspiratif

Sebelum kami tuliskan contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya, kami akan tuliskan terlebih dahulu apa saja poin penting dari struktur teks cerita inspiratif tersebut, agar kita bisa menyusun cerita inspiratif sendiri, berikut adalah struktur teks cerita inspiratif.

  1. Orientasi
    Awal dari teks inspiratif adalah orientasi, ini adalah pengantar dari cerita yang isinya pengenalan tokoh dan latar belakang dari cerita itu sendiri, gunakan bahasa yang tepat agar pembaca penasaran tentang kelanjutan kisah yang kita buat, sehingga pembaca akan membaca cerita kita sampai selesai.
  2. Rangkaian peristiwa
    Rangkaian peristiwa yaitu kisah inti dari para tokoh yang mengalami berbagai peristiwa atau kejadian, pada bagian ini semua tokoh dimunculkan dan kita bisa setting alur dari cerita yang kita inginkan.
  3. Komplikasi
    Selanjutnya adalah komplikasi, pada bagian ini kita menceritakan masalah atau konflik yang terjadi dari rangkaian peristiwa diatas, atau bisa diartikan “masalah inti” dari cerita yang kita buat.
  4. Resolusi
    Resolusi adalah penyelesaian masalah inti dari konflik yang terjadi pada bagian komplikasi, dan pada bagian ini terkandung kisah tentang teladan atau inspirasi yang kita inginkan.
  5. Koda
    Bagian akhir dari struktur cerita inspiratif adalah koda, yaitu penutup cerita berupa kesimpulan dari keseluruhan cerita inspiratif tersebut dan pesan moral yang terkandung didalamnya.

Semoga bisa dipahami penjelasan struktur cerita inspiratif di atas. Baik…, untuk memudahkan pemahaman, kita langsung saja tuliskan contoh teks inspiratif yang singkat beserta strukturnya.

Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya

Kisah kejujuran Imam Syafi’i yang membawa kepada keberkahan dan hidayah

Orientasi

Kejujuran adalah kunci dari keberkahan hidup, seorang manusia hendaknya bersikap jujur dalam keadaan apapun, walaupun nyawa taruhannya.

Seperti kisah nyata, tentang bagaimana kejujuran dari Muhammad bin Idris, atau yang kita kenal dengan Imam Asy Syafi’i ketika beliau menuntut ilmu Agama.

Rangkaian peristiwa

Seorang Ibu yang salih, akan melahirkan anak yang salih juga, Imam syafi’i kecil telah dididik oleh orang tuanya dengan akhlak dan ilmu agama, terutama tentang kejujuran.

Suatu hari Imam syafi’i akan belajar agama ke suatu tempat di luar kota “jauh dari kediamannya”, Sang ibu menitipkan Imam syafi’i kepada kafilah dagang yang di kenalnya untuk di antarkan kepada seorang Syekh.

Sebelum berangkat Imam syafe’i dibekali uang sebanyak 400 dirham oleh sang Ibu, yang kala itu adalah jumlah yang lumayan banyak, berangkatlah rombongan tersebut menuju Madinah.

Di tengah perjalanan, kafilah atau rombongan ini mengalami musibah, yaitu dihadang oleh segerombolan perampok.

Setelah semua barang berharga di ambil oleh perampok, lalu mereka menginterogasi Setiap anggota kafilah, adakah barang berharga lain yang dibawa?.

Hingga sampailah kepada Imam syafe’i kecil, “Hai anak kecil, adakah barang berharga lain yang ada pada dirimu?”, ucap ketua perampok.

Imam syafi’i menjawab, “Ada, Ini di dadaku, ada uang 400 dirham”. (ibunya membuat baju dengan menempatkan saku di dada).

Sang perampok berkata, “kamu mau memperolok saya?, darimana ada uang di dadamu sebanyak itu?, keluarkan kalau kamu benar”.

Imam syafi’i lalu mengeluarkan uang dari saku di balik bajunya yang ada di dada sebanyak 400 dirham, dan menunjukan kepada sang perampok.

Tapi, sang perampok menangis, tatkala imam syafii mengeluarkan uang tersebut, seraya berkata.

“Mengapa kau keluarkan uang tersebut?, bukankah kamu tahu bahwa uang tersebut akan kami ambil”

Imam syafei berkata, “Ibuku menyuruhku untuk selalu jujur, walau dalam keadaan apapun, karena ini adalah ajaran Agama yang agung”.

Resolusi

Perampok tersebut mendapatkan hidayah karena kejujuran imam syafei, dengan mengatakan, “Benar ucapanmu nak, ajaran Islam ini adalah benar dan mulia, aku bertobat dari jalan yang sesat ini, dan aku akan memperbaiki kesalahan saya”.

Karena ini adalah ketua perampok, maka semua angotanya ikut bertobat dan menyerahkan kembali barang bawaan dari kafilah tersebut.

Semua anggota kafilah merasa sangat beruntung karena ada Imam syafi’i dalam rombongannya, sebab imam syafi’i lah, tentu dengan izin Allah rombongan tersebut tidak jadi dirampok.

Koda

Inilah bukti nyata dari kejujuran akan membawa keberkahan dan kemenangan, bagaimana dalam keadaan genting seorang anak kecil yang jujur bisa meluluhkan hati sang perampok.

Dan jujur ini harus kita terapkan dalam semua lini kehidupan kita, karena dengannya kita akan mendapatkan keberkahan hidup dan kemenangan yang hakiki.

Catatan, “cerita ini adalah kisah nyata dengan beberapa penambahan kalimat”.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Persahabatan Beserta Strukturnya

Kisah Inspiratif Tentang Sahabat

Persahabatan adalah bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain secara dekat, dan saling suport, baik dengan tenaga, pemikiran maupun materi.

Ahmad adalah seorang yang pintar dan kuat hafalannya, yusuf adalah seorang yang mempunyai kemauan besar untuk belajar agama, tapi yusuf mempunyai kekurangan secara fisik, yaitu kakinya cacat dan tidak kuat untuk menopang berat badannya.

Mereka berdua sekolah di pondok pesantren, dan menempati kamar yang sama dengan 3 orang lainnya.

Setiap akan berangkat ke kelas yang jaraknya sekitar setengah kilometer, terasa berat untuk yusuf, tapi dengan tekad yang kuat yusuf selalu bersemangat dengan mengerahkan berbagai macam cara agar bisa sampai kekelas.

Sering terjadi, baru berjalan 100 meter yusuf sudah tidak kuat lagi dan harus istirahat untuk memulai perjalanan kembali. tapi di sampingnya ada Ahmad yang selalu mensuportnya,

Jika yusuf sudah tidak kuat berjalan, maka Ahmad akan menggendong yusuf sampai kelas, dan ini terjadi hampir setiap hari, belum lagi masalah dengan pekerjaan harian, seperti mencuci pakaian, Ahmad dengan setia membantu yusuf.

Hingga mereka menjadi bintang kelas, dan menjadi orang yang bisa menyelesaikan hafalan AL Quran 30 juz secara mutkin sebelum lulus.

Begitulah seharusnya bersahabat, walaupun kita bukan saudara kandung tapi untuk membantu dan memberikan suport harus secara penuh dan tanpa pamrih.

Ini adalah kisah inspiratif tentang makna sahabat, Ahmad merupakan contoh sempurna dari sahabat yang membantu temannya karena mempunyai keterbatasan.

Bersahabatlah dengan siapapun selagi kita bisa memberikan manfaat kepadannya, dan janganlah menjadikan sahabat kita yang mempunyai kekurangan untuk bahan gunjingan dan olokmengolok.

Catatan, Silahkan anda belajar memberikan struktur kisah instiratif tersebut

Contoh Teks Inspiratif Tentang Diri Sendiri

Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya

Kisah atau cerita inspiratif tidak selalu tentang manusia, kita bisa juga mengambil dari kisah hewan, atau tokoh yang kita munculkan adalah dari hewan.

Yang terpentig disini adalah pesan yang ingin kita sampaikan mudah untuk di tangkap dan di cerna, sehingga menjadi inpirasi bagi pembacanya, berikut contohnya.

Burung Elang dan Burung Gagak

Kejarlah cita cita kita sendiri dan jangan mempedulikan ucapan dan cemoohan orang lain, selagi cita cita tersebut baik dan sesuai dengan yang kita yakini.

Tahukah anda bahwa satu-satunya burung yang berani hinggap dan mematuk Elang adalah burung Gagak. Burung Gagak berani duduk diatas elang, bahkan mematuk lehernya ketika Elang sedang terbang rendah.

Namun, Elang tidak pernah menggubris dan menanggapinya, juga tidak mau membalas dan berkelahi dengan burung gagak.

Yang dilakukan elang adalah dengan terus terbang, tidak mau membuang waktu dan energi untuk meladeni burung gagak yang hinggap diatasnya. Elang hanya membuka sayapnya semakin lebar dan mulai terbang naik lebih tinggi dan tinggi lagi hingga ke langit

Semakin tinggi Elang terbang, maka semakin sulit bagi Gagak untuk bernafas dan akibatnya Gagak akan jatuh ke bawah dengan sendirinya karena kekurangan oksigen.

Begitulah alam mengajarkan kita, berhentilah membuang waktu untuk selalu menanggapi mereka yang selalu mencibir, menista, bahkan memfitnah serta mengganggu kita.

Cukuplah dengan tetap fokus untuk mengembangkan dan memacu potensi kapasitas diri hingga kita menjadi pribadi yang sukses dan menjadi pemenang dalam kehidupan dan apa yang kita cita citakan.

Inilah yang harus kita tanamkan pada diri sendiri, yaitu keteguhan hati sikap dan akhlak mulia yang akan membawa kita kepada kedudukan tinggi, “tentu dengan izin dari Allah Ta’ala.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Lingkungan

Tumbuhan yang ada di hutan baik berupa pohon yang besar maupun rerumputan adalah anugrah yang Allah berikan untuk makhluknya. Tapi kebanyakan Manusia merusaknya dengan alasan kekayaan.

Pohon Mahoni berbicara kepada pohon jati, “sebentar lagi musim hujan, sudah tidak sabar saya menunggunya”.

“iya saya juga sudah tidak sabar merasakan bagaimana air menyentuh kita dan mengalir tembus ke dalam akar kita”, timpal pohon jati.

Tidak lama, dari kejauhan terdengar suara gergaji mesin, ternyata 5 orang bergerombol sedang menebang beberapa pohon yang besar.

“wah bahaya, kenapa pohon besar itu di tebang, bukankah pohon itu yang akan menghentikan air hujan agar tidak turun ke perkampungan” seru pohon mahoni.

Pohon jati menimpali, “tidak lama lagi kita pun akan di tebangnya, bagaimana nasib kampung mereka kalau kita semua di tebang?”.

Akhirnya semua pohon besar yang ada di lereng bukit itu habis di tebang, dan ternyata musim hujan sudah datang untuk menyiram bumi.

Hujan berkata” kemana pohon mahoni dan jati, kok sudah tidak ada?, bagaimana saya akan masuk ke tanah?, apakah saya harus turun ke perkampungan itu?”.

Saat hujan sampai di perbukitan tersebut, mereka tidak kuasa untuk masuk ke dalam tanah, karena sudah tidak ada penahannya, dan air tersebut seluruhnya mengalir ke perkampungan di bawah lereng bukit.

Karena deras dan banyaknya air yang mengalir ke bawah menuju perkampungan, maka air akan menabrak apapun yang ada di bawahnya, terjadilah banjir dahsyat di perkampungan tersebut.

Bahkan menghanyutkan rumah orang yang menebang pohon besar di lereng bukit tersebut.

Inilah akibat dari keserakahan manusia dalam mengeruk kekayaan alam, yang sebenarnya dampaknya lebih besar dari kekayaan yang di dapat.

Bijaklah dalam mengambil kekayaan alam, agar tidak terjadi kerusakan lingkungan, yang akibatnya akan di terima oleh semua masyarakat sekitar.

Dia atas adalah contoh teks cerita tentang lingkungan yang cocok untuk di ceritakan kepada siswa kelas 9, silahkan anda belajar untuk memberikan strukturnya.

Kisah Inspiratif Islami Singkat Beserta Strukturnya

Terakhir akan kami berikan contoh cerita inspiratif islami singkat beserta strukturnya, tentang keimanan seorang penjual susu yang terjadi pada masa khalifah Umar bin Khatab.

Kisah inspiratif keimanan seorang wanita penjual susu

Orientasi

Keimanan dan ketaqwaan yang tertanam kuat di dada akan menjadikan seseorang mendapatkan kedudukan tinggi di sisi Allah ta’ala, seperti kisah nyata tentang seorang penjual susu yang karena ketaqwaanya mendapatkan suami seorang anak pemimpin suatu negeri yang salih, dan juga melahirkan cucu yang kelak akan menjadi anak shalih dan juga pemimpin yang adil.

Rangkaian peristiwa

Umar bin khatab adalah seorang ulil Amri yang dekat dengan rakyatnya dan hidup dengan sederhana, dan sudah menjadi kebiasaan dari amirul mukminin untuk selalu melihat keadaan warganya di malam yang sunyi, tatkala rakyatnya sedang beristirahat.

Amirul mukminin akan berjalan menelusuri setiap lorong lorong jalan kota Madinah dengan seorang pembantunya, Beliau akan memberikan bantuan kepada rakyatnya jika ada yang kelaparan Beliau akan memberinya makan jika ada suatu keperluan lainnya Beliau akan membantunya.

Komplikasi

Pada suatu malam, ia berjalan di kesunyian malam, lalu karena sudah lelah, Ia terhenti dan bersandar di dinding  rumah sederhana untuk sekedar istirahat.

Tidak sengaja Beliau mendengar percakapan antara seorang ibu dengan anaknya di balik rumah yang ia pakai untuk bersandar.

“Nak, campur saja susu itu dengan air!” titah sang ibu kepada anaknya.

“Tidak boleh, Bu. Amirul Mukminin melarang kita mencampur susu dengan air.” gadis tersebut menolak permintaan ibunya dengan lembut.

“Tetapi banyak penjual yang berbuat curang seperti itu, Nak. Lagian Amirul Mukminin tidak melihat apa yang kita lakukan.” kilah sang ibu.

“Bu, meskipun Amirul Mukminin tidak melihat kita, tetapi Rabb Amirul Mukminin pasti memperhatikan kita. Akankah kita taat kepada Amirul Mukminin hanya di depannya lalu membangkang tatkala sendirian?” jawab sang anak mantap.

Mendengar ucapan sang gadis tadi, Amirul Mukminin sangat terharu hingga mengalirlah air matanya. Beliau sangat kagum dengan ketaqwaan dan amanah gadis tersebut.

Tatkala adzan subuh berkumandang, beliau bergegas bangkit untuk shalat fajar bersama para sahabat. Lantas, beliau segera pulang dan memanggil putranya yang bernama ‘Ashim.

Beliau menyuruh anak bujangnya tersebut untuk menggali informasi mengenai jati diri sang gadis penjual susu dan melamarnya untuk menjadi istri. Umar mempunyai berfirasat,

“Aku melihat bahwa ia akan mendatangkan keberkahan untukmu suatu saat nanti. Mudah-mudahan ia melahirkan keturunan yang akan menjadi pemimpin umat!”

Resolusi

Firasat Umar ibnul khatab benar adanya, karena kelak dari pernikahan Ashim dan putri penjual susu ini, lahirlah seorang wanita yang di beri nama Laila, setelah Laila besar, Ia di lamar oleh Abdul Aziz bin Marwan, dan dari pernikahan inilah lahir seorang anak yang diberi nama Umar bin Abdul Aziz.

Beliaulah yang kelak menjadi khalifah pada masa Bani Umayyah, dan sudah masyur tentang keadilan, kebijaksanaan serta kesalihannya.

Koda

Begitulah jika keimanan dan ketaqwaan sudah menancap didalam dada, Allah yang akan mengirimkan kebaiakan kebaikan yang banyak, walaupun tidak kita minta.

Dari cerita ini, kita bisa lihat bagaimana seorang penjual susu yang karena taqwanya tidak melakukan kecurangan, maka Allah kirim Amirul mukminin untuk mendengarkan percakapan yang penuh dengan ketaqwaan antara ibu dan anak.

Sehingga terangkatlah derajat penjual susu tersebut menjadi menantu raja dan kelak akan melahirkan keturunan juga yang salih yang akan menjadi khalifah adil dan bijaksana serta salih.

Catatan: Kisah ini adalah kisah nyata, bisa dilihat di kitab Shifatus Shafwah (2/203-204) karya Ibnu Jauzi rahimahullah.

Demikian beberapa contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya, yang jika kita bisa memahaminya maka kita bisa menyusun cerita inspiratif sendiri, Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*