Contoh Buku Kas Yang Sederhana dan Aplikatif

Contoh buku kas umum, harian, kecil, sederhana yang aplikatif dan mudah untuk di gunakan, contoh lengkap untuk pribadi, organisasi, perusahaan, perdagangan dan sekolah.

contoh buku kas umum dan harian

Pencatatan keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena dengan pencatatan ini, kita akan mengetahui bagaimana cash flow dari keuangan kita.

Dan pencatatan keuangan ini menggunakan buku kas, dan buku ini banyak model dan macamnya, dari yang sederhana sampai yang komplek, tentu semua di dasarkan kepada kebutuhan kita.

Kali ini kami akan berikan contoh buku kas lengkap dari yang sederhana untuk keperluan pribadi dan warung atau toko sampai yang komplek untuk keperluan perusahaan atau organisasi.

Buku Kas

Apa sih pengertian buku kas?, ini hal penting yang harus kita ketahui agar kita paham apa saja yang harus ada dalam catatan buku kas kita.

Melansir dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Buku kas adalah media atau alat yang mencatat semua informasi tentang keuangan mencakup penerimaan dan pengeluaran atau pengalihan secara tunai maupun kredit secara rinci.

Dan catatan keuangan tersebut harus mengikuti standar umum agar bisa di pahami oleh semua orang yang berkepentingan, standar umum disini adalah adanya klasifikasi transaksi, status transaksi juga keterangan transaksi tersebut.

Dari buku kas ini akan kita ketahui mana saja pos pos yang menjadikan sumber pengeluaran terbesar juga sumber pemasukan terbesar, sehingga buku ini akan sangat penting untuk suatu perusahaan dan organisasi bahkan perorangan.

Dengan buku kas, maka kita dan pihak lain yang berkepentingan bisa melihat sehat tidaknya keuangan suatu perusahaan maupun keuangan kita pribadi secara lengkap.

Dan akhirnya buku kas berperan penting untuk kita mengambil keputusan tentang rencana yang akan datang setelah kita menganalisa bagaimana kesehatan keuangan dan pos pos dari semua transaksi yang berjalan.

Jenis Buku Kas

Kita mungkin hanya mengenal buku kas dari satu jenis saja yaitu jenis umum, tapi sebenarnya tidak, ada beberapa jenis buku kas yang penting untuk pihak yang tertentu, tergantung dari kebutuhan. Berikut beberapa jenis dari buku kas.

Buku Kas Umum

Buku kas ini seperti namanya umum, adalah buku kas yang sudah kita ketahui yaitu ada pencatatan keterangan transaksi secara lengkap, dikenal dengan buku kas masuk dan keluar.

Buku Kas Pembantu Bank

Pada dasarnya buku kas pembantu bank ini sama dengan buku kas umum, cuma ada perbedaan dari segi fungsionalitasnya saja.

Yang di catat di sini adalah hanya khusus transaksi melalui Bank, entah itu melalui teller, ATM maupun cek.

Buku Pembantu Pajak

Seperti namanya, pencatatan dalam buku ini khusus untuk transaksi yang berkenaan dengan perpajakan.

Dari mulai pemungutan, penyetoran yang kita lakukan selaku wajib pajak juga pencatatan lain terkait PPH.

Buku Pembantu Panjar

Yang terakhir adalah buku pembantu panjar yaitu suatu buku catatan yang didalamnya mencakup catatan tentang pengeluaran dan juga pengiriman kas untuk bisa diserahkan pada pihak tertentu sesuai dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Kementerian Dalam Negeri Indonesia (KEMENDAGRI) sudah mengatur secara khusus tentang buku pembantu panjar ini.

Cara Membuat Buku Kas

Sebelum kita lihat contoh dari buku kas, kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat buku kas, apa saja yang harus ada di dalamnya.

Seperti namanya buku kas, maka umumnya di buat di atas buku atau kertas, tapi setelah teknologi yang ada, kita sebenarnya bisa menggunakan teknologi tersebut, seperti Microsoft Exel, aplikasi Buku Kas dll.

Tapi secara umum cara membuat buku kas di bagi menjadi 3 cara dan 1 jurnal diantaranya adalah cara Folio Satu Halaman, cara Folio Dua Halaman, dan cara Tabelaris serta 1 jurnal kas.

1. Folio Satu Halaman

Cara membuat buku kas yang sederhana dan praktis adalah dengan cara satu halaman, karena di dalamnya sudah mencakup pemasukan dan pengeluaran sehingga akan mudah untuk dibaca dan hemat waktu.

Cara membuatnya adalah dengan memasukkan 5 unsur ke dalam kolom kolom catatan keuangan kita diantaranya adalah:

  1. Kolom pertama adalah kolom tanggal ketika terjadinya transaksi.
  2. Kolom kedua adalah tentang keterangan masuk atau keluarnya arus uang atau dana kas.
  3. Kolom ketiga adalah untuk mengisi nomor urat bukti kas pemasukan dan juga bukti kas pengeluaran.
  4. Kolom keempat adalah berisi jumlah saldo kas perusahaan.
  5. Kolom kelima adalah untuk mengisi jumlah pengeluaran uang atau dana kas yang akan kita lakukan.

Kalau untuk pribadi bisa kita sederhanakan lagi dengan membuang kolom 3, sehingga hanya ada kolom tanggal, keteranagn, saldo dan pengeluaran.

2. Folio Dwi Halaman (Skontro)

Dua atau dwi halaman adalah buku kas yang didalamnya mempunyai 2 muka atau halaman yang isinya adalah halaman debit dan halaman kredit.

Pertama kita buat halaman debit yang isinya adalah mencatat pemasukan atau penambahan dana kas dan asal dana tersebut.

Halaman debit mempunyai 4 kolom, yaitu:

  1. Kolom 1, Berisi tanggal ketika uang atau dana masuk.
  2. Kolom 2, Berisi keterangan tentang pemasukan, yang ditulis dengan singkat dan jelas agar mudah di pahami.
  3. Kolom 3, Berisi nomor urut bukti adanya uang atau dana yang masuk.
  4. Kolom 4, Berisi jumlah uang yang masuk sesuai dengan tanggal pada kolom pertama.

Kedua kita buat halaman kredit yang isinya tentang pencatatan dana atau uang yang keluar, dan sebisa mungkin kita menuliskan alasan untuk apa dana tersebut di keluarkan dengan jelas.

Halaman kredit memiliki 4 kolom diantaranya adalah:

  1. Kolom pertama diisi dengan tanggal.
  2. Kolom kedua diisi dengan keterangan pengeluaran yang dilakukan.
  3. Kolom ketiga diisi dengan nomor urut pengeluaran dana.
  4. Kolom keempat diisi dengan catatan jumlah uang yang dikeluarkan pada tanggal tersebut.

3. Tabelaris

Cara tabelaris sejatinya sama atau tidak jauh berbeda dengan cara folio diatas, cuma yang sedikit menjadi perbedaan adalah dalam buku kas ini lajurnya akan lebih banyak.

Karena cara ini adalah untuk memisahkan setiap transaksi berdasarkan kelompoknya yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Cara membuatnya adalah dengan membuat 2 kolom yaitu disini kiri diisi dengan debit dan sisi kanan diisi dengan kredit.

Untuk membuat tabelaris sangat mudah dengan memanfaatkan Microsoft Exel karena akan lebih cepat dan praktis.

4. Jurnal Kas

Jurnal kas ini biasanya hanya di gunakan oleh suatu perusahaan saja, karena isinya sangat komplek walaupun hanya berupa pencatatan pendapatan kas dan pengeluaran kas saja.

Dalam jurnal kas yang dicatat hanyalah transaksi tunai, baik itu pemasukan maupun pengeluaran., jurnal kas ini sangat penting untuk mengetahui kas masuk dan kas keluar pada sebuah perusahaan.

Jurnal kas ini bisa dibagi menjadi jurnal penerimaan kas yang di dalamnya mencatat seputar penerimaan kas dari hasil pembayaran piutang dan juga pendapatan penjualan dagang.

Sedangkan pada jurnal pengeluaran kas, yang dicatat adalah seluruh pengeluaran kas dari nilai transaksi pembayaran hutang dan juga pembayaran beban.

Contoh Buku Kas

Setelah kita mengetahui apa itu buku kas, jenis dan macamnya juga cara membuatnya, sekarang akan kami tunjukan beberapa contoh dari buku kas yang biasa di gunakan dalam dunia keuangan, baik pribadi maupun organisasi atau perusahaan.

Kami buat contoh menggunakan Mocrosoft Exel dan anda bisa buat di buku atau kertas folio mengikuti contoh tersebut.

Contoh Buku Kas Umum (BKU)

Buku Kas Umum atau disingkat dengan “BKU” adalah buku kas yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan, isinya adalah arus dari uang yang masuk dan arus uang keluar.

Semua transaksi keuangan harus masuk ke dalam buku kas umum atau BKU ini.

Contoh buku kas umum bendahara

contoh buku kas umum bendahara

Kami juga berikan link download file exel agar mudah untuk di praktikan, silahkan download contoh buku kas umum atau BKU di bawah ini:

Contoh Buku Kas Sederhana

Seperti namanya buku kas ini sangat sederhana, yang isinya hanya ada no, tanggal, keterangan, sedet, kredit dan saldo, disamping kita bisa membuatnya di buku fisik, kita juga bisa dengan mudah membuatnya di sofware Microsoft Exel, berikut contohnya.

Contoh Buku Kas Harian

Buku kas harian untuk pribadi juga untuk sekolah adalah sama halnya dengan buku kas sederhana di atas, karena isinya tidak harus banyak dan rumit, isinya adalah hal tentang pengeluaran dan pemasukan saja, contohnya seperti di bawah ini.

Contoh buku kas harian pribadi dan bisa di pakai juga untuk sekolah

contoh buku harian

Contoh Buku Kas Kecil

Apa itu kas kecil?, dan untuk siapa peruntukan buku kas ini?

Buku kas kecil adalah buku kas yang khusus untuk mencatat pengeluaran yang nominalnya kecil dan rutin, dan buku ini kerap di gunakan pada perusahaan, baik perusahaan kecil atau UKM maupun perusahaan besar.

Dan cara membuatnyapun sederhana, karena memang ini hanya untuk mencatat pengeluaran kecil saja, seperti pengeluaran makan pekerja, pengeluaran gaji lembur dll.

Contohnya adalah sebagai berikut:

buku kecil

Contoh Buku Kas Bulanan Rumah Tangga

Untuk buku kas bulanan rumah tangga sebenarnya bisa menggunakan contoh contoh di atas seperti kas harian atau yang sederhana, yang membedakan isi dari keterangannya saja.

Tapi kami dapat file exel yang lebih lengkap, karena mencakup kategori keperluan anak, proyeksi biaya dan biaya aktual juga selisih dari biaya proyeksi dan aktual, sangat lengkap dan praktis.

Kami akan berikan file Exel tersebut, silahkan Anda download di bawah ini.

Demikian pembahasan kali ini tentang buku kas lengkap di sertai contoh buku kas dan file yang bisa anda download, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Speak Your Mind

*