Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi juga Pengertian dan Perbedaannya

Artikel ini akan membahas tentang contoh buku fiksi dan non fiksi, apa pengertian dan perbedaan antara buku fiksi dan non fiksi lalu terakhir adalah buku terbaik untuk kedua kategori tersebut, semuanya kami bahas secara lengkap dan detail.

Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi

Pengertian Buku Fiksi

Buku fiksi adalah buku yang isinya hasil dari karangan penulis atau dengan kata lain buku hasil imajinasi dari sang penulis dan bukan tentang kejadian nyata.

Jadi jika kita mempunyai imajinasi tertentu yang kita tata sehingga memiliki alur cerita atau mempunyai makna lalu kita tulis menjadi sebuah buku, maka buku hasil karya kita tersebut di sebut dengan buku fiksi.

Mungkin kita akan sedikit terbetik di dalam hati pertanyaan tentang, kok hasil imajinasi menjadi sebuah buku dan laku di pasaran, apakah itu bukan termasuk sia sia membaca hasil imajinasi orang?.

Ini sifatnya hiburan, maka tentu akan banyak orang yang tertarik jika isi dari buku fiksi tersebut sesuai dengan minat atau keadaan kita, seperti misalnya seseorang yang menyenangi cerita horor, cerita mistis, cerita percintaan dan lain sebagainya.

Inilah kenyataannya, buku fiksi laris bak kacang goreng bahkan banyak yang sampai dijadikan sebuah film yang film tersebut menjadi Box Office.

Pengertian Buku Non Fiksi

Buku non fiksi adalah buku yang di tulis berdasarkan kenyataan atau fakta yang isinya bisa di pertanggung jawabkan oleh sang penulis.

Untuk menulis buku non fiksi dibutuhkan kesabaran, kejelian dan tentu waktu yang lama, karena dalam menulis buku non fiksi kita harus bisa mendapatkan referensi dan data yang valid dan bisa di pertanggung jawabkan.

Karena menulis buku non fiksi sedikit lebih rumit daripada menulis buku fiksi, maka sedikit peminat buku ini dibandingkan buku fiksi.

Alasan lainnya adalah kita tidak bisa menulis sekehendak kita berdasarkan pikiran liar kita, tapi setiap tulisan yang kita sajikan harus berdasarkan fakta dan data juga referensi.

Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi

Kami rasa perbedaan dari kedua jenis buku ini sudah jelas jika kita memahami pengertian kedua buku ini yang kami tuliskan diatas, yang kalau kita ingin tuliskan perbedaannya secara singkat adalah.

Perbedaan buku fiksi dan non fiksi adalah terletak pada data, fakta dan referensi pada kedua jenis buku ini.

Kalau buku fiksi maka kita bebas menulis apapun sekehendak kita bahkan pikiran liar dan di luar nalarpun bisa kita jadikan bahan tulisan tanpa perlu adanya data dan fakta yang jelas.

Tapi kalau buku non fiksi kita harus menulis dengan mengikuti data, fakta dan referensi yang sesuai dengan tema yang akan kita tulis, jadi kita tidak bisa bebas menulis semua pikiran kita.

Kami rasa itulah perbedaan yang paling dasar antara tulisan fiksi dan non fiksi, sekarang kita akan bahas contoh dari buku fiksi dan non fiksi.

Contoh Buku Fiksi

Sekarang kita masuk kedalam contoh buku buku fiksi, apa saja contoh yang isinya adalah karangan atau imajinasi dari penulisnya sendiri, contoh buku fiksi adalah.

1. Novel

Novel adalah suatu tulisan imajinasi yang didalamnya menceritakan seorang tokoh utama dengan beragam intrik dan di akhir cerita akan ada sebuah ending yang menjadi akhir kesimpulan dari sebuah novel.

Novel ada yang sifatnya membangun karena isinya cenderung mengarahkan pembaca kepada hal positif tapi ada juga yang sifatnya merusak karena isinya adalah hal hal yang bertentangan dengan norma, baik adat maupun Agama.

Seperti contohnya novel Ayat ayat cinta yang menceritakan tentang poligami yang ini adalah syariat Islam yang agung, tapi ada juga novel karya fredi s yang isinya adalah percintaan yang merusak moral serta agama pembacanya.

Dan novel adalah buku fiksi yang paling banyak beredar, didalam novel sering juga kita dapati hal hal yang di luar nalar atau pikiran manusia, contohnya adalah novel berseri tentang Harry Potter, dimana dunia manusia menjadi dunia yang lain dan tidak masuk akal.

Tapi kenyataannya, buku novel ini sukses di buat film dan menjadi film terlaris dan banyak di tunggu oleh para penggemarnya.

2. Roman

Sebenarnya kalau kami boleh berpendapat roman tidak jauh berbeda dengan novel atau bisa dikatakan roman adalah bagian dari novel cuma yang membedakannya adalah ceritanya cenderung mengambil kisah atau cerita percintaan yang klasik dan kadang dalam roman terdapat hikmah yang bisa kita petik.

Contoh roman yang bagus dan bisa kita ambil hikmahnya adalah roman yang dijadikan sinetron yaitu Si Doel Anak Sekolah karya Aman.

Dan lagi lagi buku fiksi ini sukses setelah di jadikan sinetron bahkan sampai beberapa seri lalu nyambung lagi terus sampai pemerannya wafat.

3. Buku Cerita atau Dongeng

Buku cerita atau dikenal dengan dongeng adalah suatu buku fiksi yang isinya tentang cerita rakyat dari beragam suku serta adat di indonesia, walaupun di luar pun ada dongeng seperti putri salju, cinderella dan lainnya yang masuk kedalam cerita rakyat, isinya menceritakan suatu tokoh dengan karakternya masing masing.

Tapi dongeng identik dengan cerita rakyat kita, dan ini semua adalah cerita fiksi belaka bukan kejadian nyata, sehingga dongeng yang sering kita dengar tersebut adalah salah satu dari tulisan atau buku fiksi.

Contohnya yang sering kita dengar dan baca adalah dongeng tentang Timun Emas, Sangkuriang, Malin Kundang, Kancil dan Buaya, Asal Mula Tangkuban Parahu dan lain sebagainya.

Contoh dongeng dari luar negeri adalah Putri salju, Cinderella, putri tidur dan lain sebagainya.

4. Buku Cerpen

Cerpen adalah singkatan dari Cerita Pendek, artinya cerita yang singkat dan tidak sepanjang novel atau roman tapi di dalam isinya mencakup semua pesan yang ingin di sampaikan oleh sang penulis.

Cerpen bisa menjadi jembatan kita untuk menjadi penulis novel, karena isinya yang pendek dan memuat hanya beberapa poin yang mencakup tema yang akan kita sampaikan kepada pembaca.

Dan kami belum menemukan aturan baku dari Cerpen ini apakah harus berapa paragraf, berapa kalimat, berapa halaman dan lainnya, jadi jika kita naggap suatu buku memuat cerita yang pendek maka bisa di sebut dengan cerpen.

kalau dahulu ketika majalah dan koran masih banyak di baca oleh kita maka akan kita jumpai cerpen di dalamnya, tapi saat ini kita bisa lihat di internet dengan mengetikan kata cerpen.

dan contoh kumpulan cerpen yang cukup terkenal adalah seperti Cita Cita Laki-Laki Biasa, Sepotong Cinta dalam Diam, Menanti Bangau Lewat, dan masih banyak yang lainnya.

5. Buku Puisi

Puisi adalah suatu tulisan karya sastra yang isinya menyasar suatu tujuan tertentu tapi dengan gaya dan tulisan khusus karena kita harus menyusun irama, rima dan kata yang tepat sesuai dengan imajinasi kita dan kadang kita menyisipkan majas agar puisi menjadi semakin indah.

Majas ini yang sering di gunakan oleh pembuat puisi sebagai bahasa sindiran bahkan bisa masuk juga kepada sarkasme, yaitu sindiran yang sifatnya langsung dan cenderung kasar.

Karena ini adalah sebuah tulisan yang mengandalkan imajinasi maka puisi masuk kedalam buku atau tulisan fiksi.

Dan contoh puisi yang terkenal karya anak bangsa adalah Aku Ingin, karya Sapardi Djoko Damono, Puisi Chairil Anwar berjudul Aku, puisi Kahlil Gibran berjudul Aku Bicara Perihal Cinta, puisi Karya W.S. Rendra, dan masih banyak yang lainnya.

Contoh Buku Non Fiksi

Selanjutnya adalah contoh buku non fiksi yaitu buku yang penulisannya harus berdasarkan kajian ilmiah baik melalui riset sendiri, data yang tersedia dan juga referensi lainnya yang dapat di pertanggung jawabkan.

Beberapa contoh buku non fiksi adalah sebagai berikut:

1. Buku Pelajaran

Buku pelajaran adalah buku yang menjadi bahan ajar bagi kita semua baik di sekolah, universitas maupun untuk umum, yang isinya sesuai tema pelajaran yang akan di sampaikan.

Memang biasanya kita artikan ini adalah buku pelajaran sekolah, dan ini benar adanya, tapi ada kalanya buku ini juga berguna bagi seseorang yang berstatus bukan sebagai pelajar maupun mahasiswa.

Karena ini menyangkut dengan hal yang akan kita praktikan dalam kehidupan maka penulisan buku ini harus sesuai dengan bukti nyata dan data yang sesuai juga dapat di pertanggung jawabkan. Maka buku pelajaran masuk kedalam salah satu contoh buku non fiksi.

2. Buku Ensiklopedia

Buku Ensiklopedia adalah suatu karya tulis berupa referensi atau ringkasan yang didalamnya terkandung rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu.

Contoh Buku Ensiklopedia adalah Ensiklopedia Anak, Ensiklopedia Alam, Ensiklopedia Laut dan masih banyak lagi contohnya, dan Anda bisa mendapatkan buku ensiklopedia di toko buku terdekat.

Contoh ensiklopedia secara online adalah situs wikipedia.org yang menampilkan semua bahasan tentang apapun, baik ilmu Agama, IPA, Fisika, Biologi, umum dan lain sebagainya.

3. Buku Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah suatu publikasi yang dilakukan secara berkala dalam penerbitan akademik yang biasanya berupa laporan penelitian terkini dengan maksud dan tujuan agar ilmu pengetahuan semakin maju dan berkembang.

Jurnal ilmiah ini pada hakikatnya atau bentuknya adalah berupa kumpulan artikel karya ilmiah hasil penelitian yang mendalam dan seobjektip mungkin terkait ilmu pengetahuan.

Bagi seorang mahasiswa, tentu jurnal ilmiyah ini sudah tidak asing dan kerap ditemui selama masa perkuliahan.

Contoh jurnal ilmiah adalah Astrophysical Journal atau jurnal astronomi yaitu tentang karya ilmiah astronomi, Nature atau Jurnal Alam yaitu berisi ilmu penelitian tentang  IPA secara umum, Oikos atau jurnal ekologi berisi semua hal tentang ekologi dan jurnal jurnal lainnya.

4. Buku Biografi

Buku Biografi adalah buku yang isi kandungan utamanya adalah tentang perjalanan hidup seseorang, dan biasanya yang ditulis adalah tentang kisah hidup seorang tokoh, ilmuwan maupun orang yang mempunyai pengaruh di kehidupan manusia pada umumnya.

Buku Biografi ini termasuk juga di dalamnya adalah Shirah, yang dalam Islam di kenal banyak sekali shirah atau kisah perjalanan atau kehidupan Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

Dalam menulis biografi atau shirah ini kita benar benar tahu siapa, apa yang pernah dilakukan dan bagaimana kehidupan seorang tersebut semasa hidup dan tentunya referensi ini jadi syarat suatu buku di katakan sebagai biografi.

Contohnya adalah Shirah Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam, Shirah para sahabat Nabi, Shirah para ulama salaf. Biografi mahatma gandhi, biografi soekarno dan masih banyak contoh buku biografi lainnya.

5. Laporan Ilmiah

Laporan Ilmiah ini bentuknya bisa berupa Makalah, Skripsi, Tesis atau Disertasi, yang mana laporan ilmiah ini dibuat dengan melakukan survey, penelitian dan berbagai cara agar laporan tersebut sesuai dengan tema yang di buat.

Laporan ilmiah ini bisa menjadi sebuah buku manakala laporan tersebut penting dan bisa di gunakan dalam kemajuan ilmu pengetahuan.

Walaupun kenyataannya banyak dari mahasiswa yang malah melakukan plagiat saat membuat laporan ilmiah, tentu tidak semua dan ini adalah contoh yang tidak baik yang sepertinya cukup di maklum di dalam dunia pendidikan kita.

Demikian pembahasan kali ini tentang buku fiksi dan non fiksi yang mencakup, pengertian, perbedaan dan contoh buku fiksi dan non fiksi, semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

Baca Juga:

Comments

  1. Kyle Rothove says

    Saya punya hobi menulis cerita fiktif, kalau ingin menerbitkan atau membuat cerita saya bagaimana ya mas?.

    • Saran saya, latih terus keahlian menulis kita dan ikut gabung kedalam group group penulis, dan bisa di cari di group2 facebook mas, biasanya di group tersebut juga ada penerbit yang siap membukukan dan menerbitkan jika karya kita memnag layak.
      Tapi jangan lupa untuk membaca dan belajar agama juga mas, karena ini adalah hal yang wajib di lakukan oleh seorang muslim, jangan sampai keasikan kita menulis cerita fiktif melalaikan kita dalam mencari ilmu Agama. Wallahu a’lam.

Speak Your Mind

*