Ciri Ciri Orang Berbohong Yang Mudah Di Kenali

Ciri ciri orang berbohong menurut islam dan psikolog yang mudah kita kenali dan bagaimana cara mengetahui orang berbohong dari bahasa tubuh dan gerak mata, juga sedikit bahasan tentang ciri2 suami selingkuh dan berbohong juga cara mengatasinya, simak uraiannya berikut.

Berbohong

Berbohong atau berdusta tujuannya adalah untuk menyembunyikan kebenaran, saat seseorang di tanya tentang suatu perkara, dan berbohong menurut psikolog di bagi menjadi 2 jenis di lihat dari cara kebohongan itu di lakukan oleh seseorang, yaitu:

  1. Kebohongan yang di rencanakan, yaitu ketika kebohongan dilakukan dengan perencanaan dari awal, dan yang melakukannya mempunyai kemampuan untuk meyakinkan lawannya dengan banyak cara karena sudah direncanakan.
  2. Kebohongan secara spontanitas, yaitu kebohongan yang di lakukan secara spontan dan tidak ada perencanaan dari awal, biasanya kebohongan ini mudah kita kenali.

Alasan Berbohong

Banyak faktor serta alasan yang menyebabkan orang untuk berbohong, dan semua alasan yang di kemukakan dalam islam tidak bisa di terima kecuali 3 hal, yaitu untuk mendamaikan antar orang yang bertikai, saat perang dan perkataan bohong antar suami dan istri, baca ulasan berbohong demi kebaikan antara suami dan istri.

Selain ketiga hal tersebut alasan apapun tidak bisa di terima dan pelakunya akan mendapatkan dosa bahkan bisa masuk kedalam kategori orang munafik, karena ciri munafik adalah mudah dalam berkata dusta.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang ciri ciri orang berbohong, bagaimana mengenali jika seseorang sedang berbohong terutama yang sering di jumpai antara suami dan istri ketika selingkuh.

Ciri Ciri Orang Berbohong

ciri ciri orang berbohong

Sebagai manusia normal kejujuran adalah hal yang kita inginkan dari setiap orang yang berinteraksi dengan kita, tapi ada kalanya ada saja kebohongan yang terjadi saat kita berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengenali dengan mudah seseorang sedang berbohong atau tidak, berikut ini kami tuliskan beberapa ciri ciri orang berbohong, diantaranya adalah:

  • Saat bicara, maka bicaranya putus-putus, tidak jelas dan tidak rinci juga kalimat yang diucapkan tidak padu
  • Jika di ajukan pertanyaan, maka akan mengulang pertanyaan yang kita berikan sebelum dia menjawabnya
  • Tidak bisa memberikan penjelasan yang detail pada peristiwa yang diceritakannya dan tidak yakin akan topik yang sedang diceritakannya
  • Merasa tidak nyaman dan terganggu saat ada orang yang menanyakan kebenarannya
  • Terlihat seperti berpikir keras untuk menyampaikan detail cerita
  • Saat bercerita wajahnya terlihat tanpa ekspresi
  • Gestur tubuhnya akan terlihat seperti orang bosan, karena dia tidak ingin ditanya lebih jauh
  • Melakukan gerakan tubuh yang tidak wajar atau tidak biasa di lakukan, seperti memainkan rambut, memainkan jemari atau tangan atau menaruh jari di bibir
  • Gerak mata yang tidak bisa diam dan kedipan mata yang lebih sering dari biasanya dan memejamkan mata lebih dari 1 detik ketika kita ajukan pertanyaan.
  • Ciri fisik lainnya adalah Wajah memerah, berkeringat, menggigit bibir dan menarik napas dalam-dalam

Itulah ciri ciri orang berbohong yang mudah kita kenali, lalu bagaimana agar ciri ciri kebohongan tersebut nampak terlihat, maka kita perlu lakukan teknik interogasi di bawah ini.

Cara Interogasi Untuk Mengetahui Orang Berbohong atau Tidak

gambar orang berbohong

Berikut ini tips interogasi dan cara mengetahui orang berbohong atau tidak dari sisi psikologis yang kami kutip dari bulelengkab.go.id.

Bangun Kenyamanan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat nyaman terlebih dahulu kepada orang yang kita targetkan. Cara ini akan efektif untuk bisa mendeteksi kebohongan seseorang.

Dengan membangun kenyamanan, tentu saja orang yang kita targetkan bisa dengan mudah menjawab segala pertanyaan yang kita ajukan. Caranya adalah kita bisa mendekati terlebih dahulu dan kemudian mengajaknya mengobrol seperti biasa.

Tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang ringan dan simpel. Jika perlu kita bisa memberikan sedikit guyonan atau candaan agar suasana jadi cair dan target dapat tertawa.

Jika target sudah merasa nyaman maka akan membuat ciri ciri kebohongan akan terlihat dengan cepat jika memang target kita sedang berbohong.

Ajukan Pertanyaan Yang Mengejutkan

Pembohong yang di rejcanakan biasanya  mengetahui jika dirinya akan diinterogasi saat selesai melakukan sesuatu yang tidak ingin di ketahui oleh kita.

Untuk itu dia sudah menyiapkan beberapa jawaban yang akan kita tanyakan. Misalnya saja jika suami yang selingkuh, tentu saja dirinya sudah menyiapkan jawaban saat ditanya “kemana saja seharian?”.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu tentunya sudah biasa dan mudah untuk ditebak. untuk mengatasinya maka kita bisa memberikan pertanyaan yang tidak terduga yang akan membuat dirinya terkejut dan tidak siap memberikan jawaban.

Hal ini lah yang kemudian dapat memperjelas jika target kita tersebut sedang berbohong atau tidak.

Perhatikan Matanya

Psikolog mengatakan, bahwa mata adalah jendela hati manusia yang dapat menyatakan segalanya. Sehingga melalui mata kita dapat mengetahui jika seseorang itu sedang berbohong atau tidak. Yang paling mudah adalah dengan melihat gerakan bola mata dari lawan bicara kita.

Teorinya adalah, mata manusia terhubung langsung dengan otak melalui syaraf-syaraf yang saling berhubungan satu sama lainnya. Sehingga saat orang berbohong, maka dirinya akan berpikir terlebih dahulu untuk menutupi kebohongan nya tersebut. Hal inilah yang kemudian memicu berubah nya gerakan mata seseorang.

Ketika seseorang sedang berbohong maka secara otomatis gerakan bola mata akan mengarah ke kanan ketika otak berfikir untuk mencari alasan guna menutupi kebohongan nya tersebut.

Biasanya orang-orang yang melakukan kebohongan akan berupaya melakukan kontak mata yang lebih intensif dibandingkan biasanya.

Tapi ada juga yang terbalik, yaitu tidak mampu menatap lawan bicara nya karena merasa takut dan cemas yang berlebih.

Selain itu perhatikan intensif kedipan mata dari orang yang berbohong tersebut. Orang yang sedang melakukan kebohongan akan melakukan kedipan mata yang cukup intensif sebagai tanda dari stress yang cukup tinggi.

Perhatikan Gaya Bicaranya

Ini bisa di lakukan kepada orang yang sudah kita kenal, karena gaya bicara seseorang berbeda beda. Dan orang yang sudah kita kenal akan mudah kita ketahui bagaimana gaya bicaranya.

Kita bisa memperhatikan apakah gaya bicara target kita ini berbeda dari biasanya atau tidak, gaya bicara biasannya berkaitan juga dengan gerakan tubuh lainnya atau gestur tubuh, seperti gerakan alis mata, bibir, tangan dan lainnya.

Jika gaya bicara yang kita lihat berbeda dengan biasanya maka itu tanda kalau ada sesuatu yang sedang di tutupinya dengan melakukan kebohongan.

Perhatikan Perubahan Nafasnya

Ada mesin pendeteksi kebohongan yang penggunaannya adalah dengan mengukur detak jantung seseorang. Jika gerak jantung cepat yang itu adalah akibat dari kebohongan yang sedang di lakukannya, maka akan terlihat juga dari nafas yang cepat.

Dan seorang yang sedang berbohong akan mengambil nafas lebih dalam guna meredakan rasa takut dan cemas, maka perhatikan apakah nafasnya cepat dan cenderung mengambil nafas yang dalam. Jika iya maka itu tanda orang sedang berbohong.

Perhatikan Intonasi Bicaranya

Menurut penjelasan beberapa ahli psikologi, seseorang yang berbohong akan menaikkan nada atau intonasi bicaranya lebih tinggi secara spontan tanpa di sadarinya.

Ajukan pertanyaan yang detail, maka orang yang sedang berbohong akan menaikkan intonasi suaranya sebagai tanda kemarahan dan ke tidak nyamanan.

Perhatikan Ekspresi Wajahnya

Memperhatikan ekspresi wajah menjadi hal yang cukup efektif untuk mengetahui kebohongan yang disembunyikan seseorang. Hal tersebut juga telah didukung dengan penelitian yang dilakukan The Career Builder.

Penelitian ini menjelaskan jika seseorang yang melakukan kebohongan akan membuat ekspresi wajah yang sangat datar, bahkan tidak ada ekspresi dan emosi yang terlihat.

Hanya terlihat sedikit perubahan pada bagian mata yang menurun seperti ekspresi bersedih. Ada pula yang terlihat aneh pada senyuman yang di buat buat.

Orang-orang yang jujur biasanya memperlihatkan ekspresi wajah yang ceria karena tidak adanya beban.

Perhatikan Gerakan Tubuhnya

Seorang yang melakukan kebohongan biasanya akan terlihat dari beberapa gerakan tubuh yang terjadi karena refleks atau disengaja. Ada beberapa gerakan tubuh yang mungkin terlihat pada seseorang yang berbohong, antara lain adalah:

Gerakan tangan dari seseorang yang berbohong biasanya akan berlebihan karena rasa takut dan cemas yang berlebih sehingga menyebabkan gerakan tangan yang tidak biasa seperti menyentuh wajah, bibir, leher, dahi, hidung, dan beberapa objek lainnya di sekitarnya.

Gerakan kaki akan terlihat tidak tenang, seperti selalu menggerakkan kaki ketika duduk maupun berdiri. Hal ini karena rasa tidak nyaman akan kebohongan yang sudah dilakukannya.

Gerakan bada lainnya yang ditimbulkan karena adanya refleks yang dilakukan ketika menyembunyikan kebohongan. Gerakan badan lainnya semisal mengangkat bahu, menggerakkan siku tangan, dan lainnya.

Yang paling terlihat adalah saat orang tersebut meninggalkan lawan bicaranya dengan segera karena merasa tertekan dengan kebohongan nya yang takut terbongkar.

Gerakan menyentuh hidung serta menutup wajah dan mulut menjadi hal yang serng terlihat dari orang orang yang sedang menutupi kebohongan. Tapi jika anda tahu itu adalah memang gayanya maka bukan termasuk ciri ciri ornag berbohong.

Bertanya Langsung Tentang Dugaan Kebohongan yang Sedang di Lakukan

Jika tanda tanda di atas ada pada orang yang kita curigai sedang berdusta, maka langkah terakhir dan jika memungkinkan adalah dengan menanyainya langsung tentang kebohongan yang sedang di di lakukannya.

“Jika memungkinkan” artinya kita paham kalau kita tanya tidak akan menimbulkan kemarahan dan pemberontakan yang kuat, yang jika ini terjadi maka malah akan menambah masalah.

Tapi jika tidak memungkinkan, dan masih ada kesempatan lain untuk mengharapkan kejujurannya maka bersabar dan menunggu waktu yang tepat adalah tindakan yang bijaksana. Hal ini bukan bermaksud untuk mendiamkan kebohongannya.

Karena jika hanya membiarkannya saja dan tidak mencari solusi, maka akan berdampak buruk terutama bagi yang melakukannya. Untuk itu solusi ini dapat anda pertimbangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang anda inginkan.

Ciri2 Suami Selingkuh dan Berbohong

Selingkuh adalah masalah klasik yang tentunya adalah kemaksiatan dan dosa yang pelakunya di ancam dengan ancaman keras, perselingkuhan adalah tanda tidak jalannya keharmonisan di dalam rumah tangga dan tanda adanya dosa yang sering di lakukan oleh anggota keluarga.

Tentu selingkuh sebenarnya bukan hanya di lakukan oleh suami atau pria, karena mustahil selingkuh kalau tidak dengan wanita lain yang merupakan istri orang, janda atau perawan.

Tapi memang kebanyakan di lakukan oleh suami kepada gadis atau janda, jarang untuk istri selingkuh, dan jarang bukan berarti tidak ada.

Ciri ciri suami selingkuh dan berbohong, selain ciri2 yang kami tuliskan di atas tetang ciri ciri orang berbohong secara umum, ada sedikit tambahan tentangnya, yaitu:

Handphone

Perhatikan Handphone nya, apakah menggunakan passwaord atau tidak, jika sebelumnya tidak di pasword dan sekarang di pasword, itu tanda ada sesuatu yang sedang di sembunyikannya.

Atau jika memang biasanya di password, coba tanyakan passwordnya, jika kita minta dan dia menolak dengan keras, itu adalah salah satu ciri ia sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu.

Saat Ada Panggilan Masuk

Saat istri ada disampingnya dan dalam waktu bersamaan ada telepon masuk, suami akan menutup panggilan tersebut secara reflek, atau jika di angkat, maka suami akan menjauh dari istri agar tidak terdengar percakapannya.

Ini jelas ada sesuatu yang sedang di sembunyikannya, tanyakan jika sudah menerima telpon atau dianya menutup panggilan masuk, “dari siapa?”.

Jika suami gugup dan salah tingkah, itu tanda kalau suami sedang berbohong, atau kalau dia menjawab dari temannya, kita bisa dengan bercanda meminta lihat handphone nya, jika menolak, istri patut curiga suami sedang berbohong.

Asik Chating Jika Tidak di Samping Istri

Suami akan senang dengan menyendiri dan chating dengan wanita selingkuhannya, ciri cirinya adalah tatkala suami sedang asik chating sendirian, istri dengan tiba tiba mendekatinya.

Jika suami langsung menutup handphone nya, maka istri patut curiga akan sesuatu yang sedang di sembunyikannya, karena kalau tidak ada yang di sembunyikan pasti suami akan biasa saja tatkala istri datang menghampirinya.

Itu adalah ciri2 suami selingkuh dan berbohong, tapi bohongnya suami bukan hanya masalah selingkuh adakalanya suami berbohong tentang masalah keuangan, lalu bagaimana cara mengatasinya?.

Cara Mengatasi Suami Selingkuh dan Berbohong

Setelah mengetahui suami kita selingkuh dan berbohong dengan panduan di atas, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mengatasi masalah tersebut?.

Karena tujuan kita untuk mengetahui sang suami selingkuh atau berbohong adalah agar kita bisa menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.

  1. Introspeksi diri, baik istri maupun suami hendaknya introspeksi diri karena setiap masalah yang menimpa kita, tidak lain karena dosa yang kita lakukan.
    Apakah kita sebagai istri sudah menunaikan kewajiban yang di syariatkan Agama?, jika masih sering lalai maka bertobat dan perbaiki segera.
    Janganlah terlalu menuntut hak kita tapi kita lalai dari kewajiban, yang benar adalah, kita tunaikan kewajiban kita dan nanti secara otomatis hak kita pun akan di tunaikannya.
  2. Jalin komunikasi yang baik dengan suami, jika komunikasi kita baik dan terbuka, maka segala permasalahan akan mudah untuk diatasi.
  3. Hargai dan hormati suami sebagai kepala rumah tangga, jangan sekali-kali berkata keras dan membantah perintahnya, selagi perintahnya bukan kemaksiatan.
    Suami adalah seorang laki laki, yang jika istri bertindak keras kepada suami, maka suami akan bertindak keras juga, yang benar adalah bersikap lembut dan hormat, maka suami otomatis akan sayang dan lembut juga.
    “Ingat” kekuatan wanita bukan di fisik, tapi di perasaan, dan senjata untuk meluluhkan suami adalah kelembutan dan air mata,bukannya kekerasan.
  4. Berdoa dan meminta kepada Allah agar diberikan hidayah kepada kita dan suami, juga meminta agar di berikan rasa kasih dan sayang di antara suami dan istri.
    Berdoa adalah senjata paling ampuh untuk setiap masalah, karena masalah yang terjadi adalah karena Allah yang mengizinkan, dan pemecahan masalahnya pun hanya Allah yang bisa memberikan jalan keluarnya.

#Sedikit tambahan:

Selingkuh yang di lakukan suami motifnya beragam, dan pada umumnya karena tergoda oleh wanita lain, dalam Islam sudah di ajarkan bagaimana interaksi kita dengan lawan jenis, diantaranya menundukan pandangan, tidak bersentuhan, dan di larang berduaan (berkhlawat).

Tapi karena minimnya Ilmu dan lemahnya iman, maka nafsu yang akan menguasainya, sehingga sedikit saja bisikan setan langsung di iyakan.

Maka disini pentingnya sebagai suami untuk belajar Agama dan mengamalkan tuntunan syariat yang telah di wajibkan kepada setiap muslim.

Karena tanpa ilmu niscaya kita akan melakukan apapun yang kita anggap baik dan nyaman, padahal semua yang baik belum tentu sesuai dengan syariat islam.

Jika suami sudah alim dan melaksanakan semua syariat agama, tapi masih ada keinginan kuat kepada wanita lain, maka poligami adalah jalan keluarnya, mungkin ini adalah pilihan yang tidak populer bagi istri.

Dan itu wajar, tapi jangan sekali kali menolak syariat poligami, karena ini adalah hukum yang telah Allah tentukan, tapi kalau kita belum mampu untuk melakukannya itu adalah masalah lain yang tidak berdosa.

Tentunya seorang suami juga harus bisa menilai apakah layak dan pantas untuk poligami, jika sudah layak maka setidaknya istripun akan menerima di poligami.

Suami Berbohong Masalah Uang

Setelah masalah selingkuh selesai, ada lagi masalah yang umum di jumpai dalam kehidupan rumah tangga, yaitu tatkala suami berbohong masalah keuangan.

Kita akan bahas dari sisi syar’i atau menurut islam, karena jika suami dan istri paham hak dan kewajiban tentang masalah uang maka tidak ada yang namanya berbohong tentang keuangan.

Pertama, suami adalah pihak yang wajib untuk menafkahi istri, dan ini kaitannya dengan mencari uang.

Kedua, setelah suami mendapatkan uang, maka uang ini milik suami, adapuan uang yang diberikan suami ke istri maka itu tergantung untuk apa dan niat suami memberikan uang tersebut.

Misal suami memberikan uang 5 juta untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, maka uang tersebut adalah bukan milik istri, tapi harus digunakan oleh istri untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Tapi jika suami di samping memberikan uang untuk kebutuhan rumah tangga, juga memberikan uang khusus untuk istri, maka uang ini menjadi milik istri.

Dan yang wajib di berikan suami kepada istrinya adalah uang untuk kebutuhan rumah tangga, adapun pemberian khusus untuk istri itu bukan kewajiban.

Jika istri punya usaha sendiri, maka uang usaha tersebut milik istri, dalam islam tidak ada istilah, “Uang suami adalah uang istri, dan uang istri adalah uang suami”.

Pahami dengan benar  uraian di atas, sekarang, seperti itulah seharusnya keuangan keluarga, dimana celah suami harus berbohong kepada istri tentang masalah uang?.

“Suami berbohong dengan memberikan uang yang sedikit untuk belanja dapur”, sedikit itu relatif, apakah uang tersebut masih bisa kita belikan makanan dan minuman untuk sehari hari?, jika masih bisa, walaupun hanya untuk membeli beras dan tempe, maka kewajiban suami memberikan nafkah sudah gugur.

Tapi jika tidak cukup untuk membeli makanan dan minuman, maka seharusnya suami berusaha lagi untuk memenuhinya, tapi jika suami memang sudah bekerja keras, maka bersabar dan terima keadaan adalah sangat mulia.

Namun jikalau suami memberikan uang yang tidak cukup untuk kebutuhan sehari hari, padahal suami mampu memberikan lebih, maka ini adalah bentuk kezaliman suami kepada istri. Dan biasanya inilah kebohongan suami kepada istri menyangkut uang.

Ini tidak bisa di biarkan, tapi harus di cari solusinya, dengan duduk berdua dan bicarakan baik baik tentang masalah keuangan tersebut, jika tidak ada jalan keluarnya, maka hadirkan pihak ketiga yang orang yang adil.

Jika suami masih sering berbohong tentang masalah apapun, maka doakan dia dan nasehati dengan lembut akan bahayanya berbohong, suruh baca artikel hadits tentang berbohong dan dosa berbohong serta azab berbohong.

Demikian bahasan tentang ciri ciri orang berbohong, dan tambahan ciri2 suami selingkuh dan berbohong juga cara mengatasinya, mudah mudahan bermanfaat. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Jangan Berbohong, yang membahas tentang akibat berbohong dosa dan azab berbohong yang akan di terima didunia maupun di akhirat.

Speak Your Mind

*