Cerita Inspiratif

7 Cerita inspiratif singkat pilihan yang akan membuat semangat kita on fire dan tetap terjaga agar bisa menghadapi segala permasalahan dalam hidup, karir, bisnis dan lainnya.

cerita inspiratif singkat penyemangat hidup

Tidak bisa dipungkiri bahwa semangat kita ada kalanya naik dan ada kalanya turun, dan hal ini sejatinya adalah kondisi normal sebagai seorang manusia.

Tapi akan menjadi masalah ketika semangat kita turun dan tidak kembali naik, atau bisa naik tapi butuh waktu yang lama.

Untuk membangkitkan semangat tersebut, kita butuh asupan pemikiran yang positif, dan asupan pemikiran ini bisa di dapatkan dari cerita atau kisah inspiratif.

Cerita Inspiratif Singkat

Cerita inspiratif adalah cerita yang akan membuat pembacanya menjadi lebih optimis, lebih maju, lebih percaya diri dan lebih baik lagi dari keadaan semula.

Sebuah cerita inspiratif bisa dalam bentuk buku atau novel yang sangat panjang dan ada juga cerita inspiratif yang singkat.

Meski singkat, tapi kisah inspiratif ini tidak mengurangi esensinya sebagai penambah semangat kita dalam menghadapi segala persoalan dalam kehidupan ini.

Berikut akan kami sajikan 7 cerita inspiratif singkat yang insya Allah bisa untuk membangkitkan semangat kita yang sedang terpuruk.

1. Kisah Katak Didalam Kotak

Dikisahkan ada sebuah kotak yang ternyata isinya adalah seekor katak, katak tersebut telah ada di dalam kotak dalam waktu yang cukup lama.

Suatu ketika kotak tersebut terbuka, dan sang katak keluar menghirup udara bebas, lalu tidak lama katak bertemu dengan satu kelompok katak yang ada di hutan.

Sang katak memperhatikan bahwa kelompok katak ini bisa melompat dengan sangat tinggi, berbeda dengan dirinya yang di dalam pikirannya tidak akan mampu melompat seperti katak katak tersebut.

Sang katak lalu menghampiri salah satu katak yang ada di dalam kelompok tersebut, lalu menanyakan tentang bagaimana bisa melompat setinggi itu.

Katak yang ditanya menjadi heran, dan balik bertanya, “kenapa engkau menanyakan hal itu?”, lalu melanjutkan dengan menjawab pertanyaan tersebut, “tentu saja kami bisa melompat dengan tinggi karena kami di karuniakan kaki yang kuat untuk melompat”.

Sang katak lalu menceritakan kalau dirinya telah terkurung di dalam kotak yang sempit dalam waktu yang lama, dan yang dia tahu berjalannya katak adalah dengan cara berjalan seperti binatang lainnya dan bukan dengan melompat.

Katak yang mendengar perkataan sang katak menjadi paham, dan berguman dalam hati “bahwa sang katak tidak tahu kalau dirinya bisa melompat dengan sangat tinggi dan seharusnya tidak perlu berjalan ngesot layaknya suster ngesot”..he..he.

lalu katak berkata kepada sang katak, sebenarnya kamu bisa melompat sangat tinggi seperti kami.

Sang katak langsung menyanggah, “wah tidak mungkin, bagaimana bisa, saya dari pertama keluar dari kotak sudah berjalan seperti ini dan mustahil dengan kaki yang kecil ini saya dapat melompat tinggi”.

Katak tersebut lalu memberi nasihat, Kamu sudah di takdirkan oleh Allah untuk bisa melompat dengan tinggi, struktur kaki kamu yang kecil tapi sudah Allah berikan kekuatan agar bisa melompat dan itu adalah potensi kamu sebagai seekor katak”.

“Sekarang yang harus kamu lakukan adalah yakini semua potensi itu dan mulailah melompat”.

Sang katak merenung dan berfikir, “benar juga yang ia katakan, kenapa tidak mencoba dan melakukan lompatan”, sang katak langsung mengambil ancang ancang dan tap…ia berhasil melompat walau tidak tinggi.

Sang katak sangat senang dengan lompatannya tersebut, dan terus berlatih agar bisa melompat lebih tinggi dan jauh.

Yang pada akhirnya sang katak berhasil memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya dan menjadi katak seutuhnya yang tidak berjalan ngesot, tapi dengan melompat.

Moral Cerita

Semua makhluk ciptaan Allah, termasuk Manusia sudah di berikan kelebihan atau potensi yang kadang tidak di sadari dan di yakini oleh manusia itu sendiri.

Kalau kita lihat ada pengusaha yang sukses, lalu karena pikiran kita yang sempit, lalu berkata dalam hati, “kayanya saya tidak mungkin bisa melakukan itu, karena saya terlahir dari keluarga miskin, pengetahuan saya terbatas”, dan alasan lain yang sebenarnya hanya mencari pembenaran atas sikapnya yang tidak yakin akan kemampuan dirinya sendiri.

Yang sebenarnya adalah, kita semua di berikan potensi yang sama berupa otak dan semua panca indra yang sama dengon orang orang sukses di luar sana, dan yang perlu kita lakukan adalah hanya melompat dalam arti memulai, just di it,  melangkah untuk melakukan hal yang kita anggap penting untuk di lakukan.

Setelah langkah pertama itu maka lihatlah bahwa posisi kita akan berada jauh dari posisi kita sebelumnya, tentu kuncinya adalah konsisten dan terus berusaha melakukan apapun yang harus kita lakukan dan jangan menunda.

2. Kisah Nyata Inspiratif “Kolonel Sanders dan KFC”

KFC atau Kentacky Fried Chicken adalah jenis makanan ayam goreng berbalut tepung yang kebanyakan kita sudah mengetahui bagaimana rasanya.

Di balik kesuksesan KFC tersebut, ternyata ada perjuangan yang tidak mudah dan dilakukan sangat gigih tanpa putus asa oleh Kolonel Sanders sang pendiri KFC, seperti apa kisahnya?.

Sanders lahir di Kentucky, Amerika Serikat, pada tahun 1890. Ibunya bekerja sebagai penjahit dan karyawan pabrik. Sedangkan ayahnya meninggal dunia saat Sanders masih berusia 5 tahun.

Untuk menghidupi dirinya, Sanders harus bekerja serabutan sebagai kuli dan tukang parkir dengan upah yang rendah. Pada tahun 1906, Sanders menjadi tentara angkatan darat dan dikirim ke Kuba sampai beliau pensiun.

Dimasa pensiun ini sanders kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya karena uang yang di dapat dari pensiunan sangat kecil, sehingga mau tidak mau sanders harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan penghasilan.

Ia menjalani profesi sebagai pengacara lalu sebagai pemadam kebakaran tapi semua itu tidak bisa memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Hingga akhirnya pada tahun 1929 ia membuka POM bensin, dari sinilah awal mula dimulainya usaha kuliner salah satunya ayam goreng yang nanti akan terkenal seantero dunia.

Mengapa dari usaha bensin ke kuliner?.

Pada saat itu orang masih sulit untuk mendapatkan restoran di sepanjang jalan kentucky, dan sanders melihat peluang tersebut, sehingga ia di samping berjualan bensin juga membuka sebuah cafe yang menjual daging, kentang juga ayam goreng.

Dan ternyata minat masyarakat sangat baik dan ayam goreng sanders sangat di sukai oleh mereka yang lewat di jalan tersebut.

Akhirnya untuk mengembangkan sayap, sanders pergi ke setiap restoran yang ada di kota untuk menjual resep ayam gorengnya.

Tapi yang terjadi adalah penolakan dari restoran restoran tersebut, bahkan tidak sedikit yang malah mencemooh dan meremehkan apa yang sanders tawarkan.

Banyak yang mengatakan, untuk membuat ayam goreng seperti itu sangat mudah mengapa harus di jual resep seperti itu dan perkataan yang semisal.

Diceritakan bahwa sanders menerima penolakan sebanyak 1.009 kali, tentu itu jumlah penolakan yag sangat fantastis, dan sanders tidak patah semangat, sampai akhirnya ada salah satu temannya yang menerima resep tersebut.

Resep tersebut di tawarkan oleh sanders dengan sistem lisensi, yaitu sanders akan menerima 4 sen dari setiap ayam goreng yang terjual.

Hingga akhirnya ayam goreng sanders menjadi terkenal dan banyak sekali orang yang menyukai cita rasanya, dan sampai saat ini sudah sangat banyak sekali cabang KFC berdiri di seluruh penjuru dunia.

Moral Cerita

Bayangkan jika kolonel sanders berhenti dan menyerah untuk menjajakan resep ayam goreng yang dimilikinya tersebut, pasti kita tidak akan pernah mencicipi rasa dari ayak goreng KFC.

Itu semua karena kerja keras pantang menyerah dan motivasi tinggi yang ada pada diri kolonel sanders sehingga kesuksesan berhasil dia raih.

Begitupun dengan kita, yang seakan akan sering sekali mengalami penolakan, baik penolakan secara langsung atau penolakan secara tidak langsung yang akibat dari penolakan tersebut menjadikan kita lemah dan berhenti untuk berusaha mencapai apa yang kita cita citakan.

Sepatutnya itu tidak layak kita lakukan, karena dibalik usaha keras kita dengan keyakinan tinggi akan rezeki yang Allah sudah takdirkan disitu akan ada kesuksesan yang menanti kita.

Maka jangan menyerah dan lakukan apa yang harus kita lakukan, jangan berkecil hati atas semua hal yang sepertinya tidak berjalan sesuai dengan rencana kita, yakinlah Allah akan menolong dan memberikan apapun yang kita minta dan harapkan.

Tentu semua kembali kepada Allah sang pemilik jagat raya ini, dan bentuk rezeki sejatinya bukan hanya meteri yang bisa kita rasakan, bahkan jauh dari itu, seperti kesehatan, mengenal agama Islam, mengamalkan agama secara sempurna dan lainnya.

3. Cerita Inspiratif “Trik Jualan Anti Mainstrem”

Tahu nama Bob Sadino, seorang pengusaha esentrik dengan celana pendek yang khas “jujur saya pribadi (penulis) merasa risih dan tidak sreg dengan hal ini”, tapi inilah ciri khasnya, dan ciri khas yang lainnya adalah bicaranya yang selalu sederhana tapi to the point dan menancap di hati.

Seperti, “Untuk apa kuliah, lebih baik Usaha”, “Cari orang yang pintar dari universitas ternama dan biarkan dia bekerja untuk kita”, dan perkataan yang semisal yang intinya jadilah pengusaha jangan jadi pekerja.

Kisah beliau yang sangat menginspirasi adalah ketika berjualan telur dikawasan perumahan elit di jakarta, dan seperti kita ketahui Bob sadino ini sukses dengan usaha telurnya.

kisah ini saya dapatkan ada 2 versi tapi kedua duanya maksudnya sama, berikut cerita bob sadino saat berjualan telur.

Versi pertama:

Bob sadino menjual telur di kawasan elit di jakarta, dan caranya untuk membuat penjualannya meledak adalah dengan menyisipkan 1 telur busuk di setiap keranjang telur yang dijual, dan dia sengaja mencari para pembantu yang cerewet dan suka bergosip untuk menyisipkan telur busuk tersebut.

Tujuannya, agar pembantu yang cerewet tersebut akan menceritakan semua hal terkait telur yang di belinya kepada semua pembantu di kawasan tersebut.

Setelah pembantu tersebut mendapati telur yang dibeli terdapat 1 telur yang busuk, maka pembantu tersebut complain dan marah marah kepada Bob.

Dengan tenang Bob sadino mengganti telur busuk tersebut dengan jumlah yang banyak, mendapati penggantian tersebut yang sangat banyak membuat pembantu tersebut menceritakan kejadian tersebut ke semua pembantu di kawasan itu.

Dan dengan kejadian itu maka orang orang mulai percaya akan kejujuran dari bob sadino dalam menjual telur, dan terkenal dan ramailah pembeli telur ke om bob.

Versi kedua:

Bob sadino menjual telur matang ke kawasan elit di jakarta, dan ada promo di tokonya kalau terdapat telur yang busuk dari apa yang di jualnya maka akan di ganti dengan 20 telur matang.

Yang di lakukan bob sadino adalah sengaja menyisipkan telor busuk di setiap telur yang di jual tersebut, sehingga orang tersebut komplain dan ketika orang tersebut komplain lalu di berikanlah 20 telur matang.

Sehingga pembeli akan selalu ingat dengan apa yang di berikan tersebut, penjual yang jujur dan terpercaya, maka cerita ini cepat menyebar dan bob sadino menjadi terkenal dan orang akan ingat bob sadino ketika akan membeli telor matang.

Moral Cerita

Moral cerita yang bisa kita dapatkan adalah teknik marketing bisa kita lakukan bagaimanapun caranya asalkan halal dan bisa menghasilkan dan carilah cara cara gila yang tidak terbayangkan sebelumnya karena dengan cara cara yang gila tersebut biasanya akan menghasilkan apa yang kita inginkan.

Jadi jangan putus asa dalam promosi, temukan promosi gilamu dan praktikan maka insya Allah nanti akan menemukan yang namanya kesuksesan.

4. Cerita Inspiratif “Kekuatan Pikiran adalah Karunia Terbesar dari Allah”

Kisah inspiratif singkat tentang bagaimana kekuatan pikiran mewujudkan apa yang kita inginkan.

Tono adalah seorang anak yang sangat berprestasi dan memiliki kecerdasan di atas rata rata, padahal awalnya tono adalah anak yang sangat buruk dalam hal pelajaran dan tidak pernah mendapatkan prestasi yang membanggakan.

Semua ini terjadi ketika tono berani mengubah pikiran negatifnya menjadi pikiran positif, bagaimana Ia melakukannya.

Tono hidup di keluarga yang keras dan mempunyai Ayah yang tanpa ragu mengkritik apapun yang di lakukan oleh tono, sehingga tono menjadi anak yang tidak percaya diri dan akibatnya Ia tidak bisa melakukan apapun dengan benar, karena sudah terbayang di dalam benaknya akan kegagalan dan kritik sang ayah.

Suatu hari ia berbincang dengan teman satu kelasnya yang merupakan anak terpandai di kelasnya, dalam perbincangan tersebut ada perkataan yang akhirnya bisa merubah kehidupan Tono.

Teman pintarnya tersebut berkata tentang “pikiran kita akan menghasilkan pencapaian hidup kita, karena apa yang sering kita pikirkan maka itulah yang akan kita lakukan, baik sadar maupun tidak sadar”, karena pikiran itu adalah karunia dari Allah yang sangat berharga.

Tono langsung merenung tentang pengaruh ayahnya yang terus mengkritiknya, sehingga ia menjadi anak yang takut untuk bertindak dan mengambil inisiatif.

Dan ia langsung menyimpulkan, pikiran terbesar yang ada di benaknya adalah ketakutan akan kegagalan karena pengaruh kritik ayahnya.

Maka ia harus merubah rasa takut tersebut, merubah pola pikirnya dengan memikirkan apa yang akan di katakan oleh ayahnya dan juga teman temannya ketika ia berhasil melakukan sesuatu.

Alih alih memikirkan bagaimana ayahnya akan mengkritiknya tapi ia mengubah bagaimana sikap ayahnya yang akan bangga ketika ia mendapatkan prestasi di sekolah.

Terbayang di benaknya, sang ayah tersenyum dan mengatakan ayah bangga kepadamu Nak.

Pikiran inilah yang akhirnya melekat di benaknya secara kuat dan masuk kealam bawah sadar, yang mengakibatkan semua tindakan tono mengarah kepada apa yang ada di dalam pikirannya.

Sehingga ia tanpa sadar melakukan semua hal yang di perlukan untuk menjadikannya sebagai seorang juara dan seorang yang berprestasi.

Dan pada akhirnya hari itupun terjadi, ketika kelulusan sekolah tono menjadi rangking 1 dan menjadi satu satunya anak yang bisa masuk ke Universitas negeri ternama.

Ketika sang ayah di panggil ke panggung untuk menadapatkan penghargaan atas prestasi anaknya, ia berkata kepada tono sambil haru dan menahan tangisnya, “Ayah bangga kepadamu Nak”.

Moral Cerita Inspiratif

Kesuksesan Tono di dalam kisah inspiratif di atas adalah karena pikirannya yang positif tersebut menghasilkan tindakan yang selaras dengan apa yang di inginkannya, dan semua ini karena Allah mengijinkan semua itu terjadi.

Ingat dan perlu di catat baik baik, ini karena Allah mengijinkan ini terjadi bukan karena alam semesta, mengapa ini perlu di catat dan di ingat?.

Karena oreantalis barat sering mengatakan bahwa pikiran dapat mewujudkan apapun yang kita inginkan, asalkan tahu cara menggunakan pikiran kita tersebut.

Ada yang dinamakan dengan hukum tarik menarik (law of attraction), yaitu apa yang sering kita pikirkan itulah yang akan ditarik dan terjadi di dalam kehidupan kita, entah itu pikiran baik maupun buruk, yang kita inginkan maupun yang tidak kita inginkan.

Dan itu akan terjadi secara otomatis, karena apapun yang sering kita pikirkan akan masuk kedalam alam bawah sadar, seperti kita tahu kebiasaan kita, apa yang kita lakukan semua itu yang menjalanan adalah pikiran alam bawah sadar, bukan pikiran sadar kita.

Jika kita baca buku tentang penjelasan bagaimana cara kerja pikiran bawah sadar, maka seperti itulah kenyataannya, Tapi yang kami sayangkan semua itu di larikan kepada alam semesta artinya semua itu terjadi seolah olah alam semesta ini berjalan sendiri tanpa ada campur tangan Allah yang maha pengatur jagat raya ini.

Dan ini bisa menjadikan kita kufur atau murtad secara tidak sadar, karena menuhankan alam semesta.

Ini perkara yang penting bagi seorang Muslim yang harus dipahami dan di ketahui, karena ini kaitannya dengan aqidah.

Lihat bahasan tentang buku the scret yang isinya adalah penyesatan aqidah di blog karangsati.com. Kita tahu banyak buku sejenis yang intinya pikiran akan menarik alam semesta untuk menciptakan apa yang kita pikirkan tersebut, dan menjauhkan esensi tentang keberadaan sang pencipta Allah azza wajalla.

5. Cerita Inspirasi Singkat “Gergaji dan Ular”

Di sebuah gudang peralatan seorang petukang, terdapat alat alat tukang yang berserakan, dan salah satunya adalah gergaji yang tajam.

Ular yang terkenal sebagai binatang agresif, dan akan menyerang siapa saja yang sekiranya mengganggu memasuki gudang tersebut.

Tanpa sengaja ular itu menyentuh gergaji pada bagian yang tajam, sehingga tubuh ular terluka, tanpa berpikir panjang, dengan cepatnya ular langsung membalas dan mematuk gergaji tersebut.

Tapi apa yang terjadi mulutnya luka dan keluar darah, ular menjadi bertambah marah dan lalu mematuknya lagi seraya mengeluarkan bisa, melihat gergaji yang diam saja tanpa perlawanan, ular tanpa pikir panjang melilit gergaji tersebut dengan kuat sambil menggigitnya.

Tapi yang terjadi, tubuh ular tersebut malah terluka sangat parah tapi gergaji tetap diam tak bergerak, dan akhirnya ular meninggal dengan sangat mengenaskan dan konyol.

Moral Cerita Inspiratif

Kisah ini mengajarkan kepada kita agar tidak cepat emosi ketika ada sesuatu yang mengganggu atau menyakiti kita, atau ketika suatu kondisi tidak sesuai dengan keinginan kita.

Janganlah langsung membalas dengan membabi buta, sedangkan kita tidak tahu apakah sesuatu atau orang yang menyakiti kita tersebut benar bermaksud demikian, ataukah karena tidak sengaja, atau karena memang ulah kita sendiri sehingga kejadian yang tidak kita inginkan itu terjadi.

Tabayun dan konfirmasi apa yang terjadi lalu selesaikan masalah dengan kepala dingin adalah jalan terbaik ketika kita mendapati keadaan tersebut.

Walau bagaimanapun ketika kita emosi, maka pikiran kita akan tidak terkontrol dan cenderung akan melakukan hal hal yang tidak perlu untuk di lakukan, yang pada akhirnya akan merugikan kita sendiri.

Catat juga bahwa hal-hal negatif seperti adanya dendam, curiga berlebih, amarah berlebih dan pikiran negatif yang ada pada diri seseorang, sebenarnya persis seperti saat ular melilit dan menggigit gergaji, karena hal hal negatif tersebut pada hakikatnya akan merusak diri kita sendiri.

Jadi buang hal hal negatif pada diri kita, latih diri kita agar bisa memaafkan dengan tulus dan belajar menyelesaikan suatu permasalahan dengan kepala dingin, agar kehidupan menjadi lebih bermakna dan kita bisa melakukan sesuatu apapun dengan baik dan benar.

Baca Juga: Download Buku Cerita Bergambar Anak Teladan Pdf “Lengkap”

6. Kisah Inspiratif Islami “Shalat dan Rezeki”

Terdapat sebuah keluarga yang sangat miskin di suatu perkampungan dengan 3 anak yang masih kecil kecil usia 5, 7 dan 9 tahun, keluarga ini adalah keluarga yang taat kepada hukum Allah dan berusaha untuk terus melakukan apapun kewajiban yang di bebankan kepadanya sebagai seorang Muslim.

Suatu ketika di rumah keluarga tersebut tidak terdapat makanan, sehingga membuat anak anaknya kelaparan dan menangis seraya merengek kalau perutnya lapar.

Sang ibu lalu pura pura memasak dengan menyalakan tungku dan memasak air dengan batu, lalu mengaduk layaknya orang yang sedang memasak.

Sampai anak anak tersebut tertidur karena capai menangis.

Lalu datang sang ayah dan menanyakan bagaimana kabar anak anak, lalu bertanya lagi, apakah anak anak sudah sholat duhur?.

Sang Ibu menjawab belum, dan biarkan dahulu tidur karena kalau bangun nanti mereka merengek dan menangis meminta makan karena kelaparan.

Mendengar jawaban sang Istri, suami dengan lembut berkata kepada Istrinya, “Bu, perkara sholat adalah perkara wajib yang harus di laksanakan oleh seorang Muslim, dan kita didik anak kita dari sejak kecil ini agar tetap mengerjakan kewajiban tersebut kelak ketika dewasa”.

Dan perihal rezeki (makanan yang belum ada) maka itu adalah urusan Allah, semua akan Allah cukupkan rezekinya, yang penting kita tunaikan semua kewajiban yang telah di bebankan kepada kita, ingat firman Allah di dalam surat Ta Ha ayat 132

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

Artinya: Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa. (QS Ta-ha ayat 132).

Maka sang Istri membangunkan anak anaknya untuk menunaikan sholat dhuhur, setelah sholat di tunaikan, tiba tiba pintu rumah di ketuk oleh seseorang.

Bapak lalu membuka pintu, dan ternyata ada tetangganya yang membawa makanan lezat nan mewah yang banyak untuk di berikan kepada keluarga tersebut.

Setelah bapak menerima makanan tersebut, lalu menanyakan kepada tetangganya tersebut, kok bisa bapak memberikan makanan ini yang sangat banyak dan tergolong makanan mahal?.

Tetangganya tersebut lalu bercerita, bahwa makanan itu sebenarnya di buat untuk kolega bisnisnya yang sudah rencana akan berkunjung kerumahnya, tapi tanpa di duga kami berdua bertengkar hebat, dan kolega saya berkata, saya tidak akan memakan jamuan kamu sedikitpun, lalu dia pulang tanpa menyentuh makanan makanan tersebut.

Setelah itu saya bingung makanan ini akan di berikan kepada siapa, karena banyak dan sayang kalau di buang, lalu saya bertekad akan memberikan makanan ini kepada siapa saja ketika kaki ini berhenti melangkah.

Dan ternyata kaki saya melangkah kerumah ini dan berhenti disini, maka saya berikan makanan ini kepada keluarga bapak.

Dengan mengucap puji syukur, keluarga tersebut akhirnya memakan makanan yang sangat lezat yang tidak pernah di bayangkan sebelumnya, maka semakin yakinlah keluarga tersebut akan kekuasaan dan kebesaran serta firman firman Allah di dalam AL Quran.

Moral Cerita

Kewajiban yang Allah berikan kepada kita sebagai hambanya adalah perkara yang seharusnya kita jaga dan tunaikan sesempurna mungkin, dalam keadaan apapun.

Janji Allah di dalam AL Quran maupun sabda Nabu Muhammad Salallahu alaihiwassalam adalah benar adanya, dengan meyakini dan mengamalkan itu semua maka kebaikan dan rezeki akan kita dapatkan.

Yang perlu di ingat dan di catat baik baik adalah bentuk rezeki tersebut tidak selamanya berbentuk materi, karena ada kalanya rezeki berupa kesehatan, rezeki berupa anak sholeh, rezeki ketika terhindar dari musibah dan lain lain.

7. Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata “Ahli Ibadah Hidup Tanpa Jantung”

Kisah ini adalah kisah nyata yang terjadi di timur tengah seperti yang di ceritakan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam salah satu kajiannya.

Ada salah satu orang dengan usia 63 tahun yang menderita sesak napas, dan mendatangi rumah sakit, dan ketika dokter memeriksa pasien tersebut dengan berbagai alat, alangkah terkejutnya dokter tersebut ketika mendapati ternyata jantungnya tidak berdetak.

langsung dokter tersebut memanggil teman temannya danmelakukan pemeriksaan ulang, dan ternyata benar jantungnya tidak berdenyut, dan dalam kondisi ini, mustahil seseorang masih bisa hidup.

Hingga sang dokter yang menangani pasien tersebut, menghubungi semua dokter dokter sepesialis sejazirah arab dan eropa untuk memberitahukan bahwa ada orang yang hidup padahal jantungnya tidak berdetak.

para dokterpun datang dan menganalisa, dan semuanya tidak habis fikir akan kejadian tersebut, saking tidak percayanya dokter dokter itupun berbincang kepada pasien tersebut, dan berkata.

“Orang seperti Anda tidak mungkin bisa hidup”

Sang pasien menjawab, apakah orang yang memimpin 20 perusahaan, meghidupi 4 orang istri dengan anak anaknya adalah orang mati?”.

Maka semakin bingunglah dokter dokter tersebut, sampai akhirnya datang dokter sepesialis dari jerman datang dan memeriksa apa yang sebenarnya terjadi pada pasien tersebut.

Dan dokter ini menemukan ada keajaiban di bawah jantungnya ada urat-urat saraf seperti terbuat secara alami yang mengalirkan darah-darah dan menggantikan fungsi jantung.

Sehingga disimpulkan bahwa jantung pasien yang sudah tidak bergerak berdetak, akan tetapi masih bisa membuat Pasien tersebut hidup normal, karena rongga-rongga dari urat saraf di bawah jantung itu bisa dimasuki udara oksigen. Sehingga dapat memompa layaknya fungsi jantung.

Siapa orang ini, dan apa yang dilakukannya sehingga Allah buatkan saraf saraf untuk menggantikan fungsi jantung?.

Di ketahui bahwa lelaki ini bernama Muhammad Hariri, dan amal ibadah yang dilakukannyalah yang membuatnya di berikan keistimewaan, seperti yang dikatakan salah satu syaikh yang merupakan teman akrabnya.

Syaikh mengatakan “Yang saya tau orang ini (pasien yang jantungnya tak berdetak), tidak pernah ketinggalan puasa Senin-Kamis. Tidak pernah ketinggalan puasa ayyamul bidh. Semua puasa sunnah dan wajib dijalankan”.

Selain itu, istimewanya pasien tersebut menurut Syaikh, pada saat berbuka puasa, orang itu tidak pernah buka puasa sendiri, pasti selalu bersedekah dengan mengajak orang lain buka puasa bersama.

Begitu pula dengan amal dari kegiatan sosialnya. Diketahui orang tersebut ternyata selalu turut berkontribusi. “Gali sumur, bangun masjid, bagi kitab Al-Qur’an, tidak pernah ketinggalan.

Tak cukup sampai di situ, sepengetahuan Syaikh, orang tersebut ternyata juga selalu berbakti kepada orang tuanya dan selalu bersedekah. Sehingga hidupnya selalu sibuk untuk beribadah kepada Allah.

Moral Cerita Inspiratif

Allah maha kuasa atas semua makhluk ciptaannya, dan itu terjadi pada orang ini karena giatnya dalam amal kebaikan.

Semua kematian, kehidupan, rezeki sudah Allah takdirkan, maka jangan khawatirkan sesuatu yang sudah jelas ada yang menjaminnya, tapi khawatirkan tentang amal kita yang tidak ada jaminan akan di terima dan bisa menjadi bekal kita di akhirat kelak.

Lakukan apapun yang menjadi kewajban kita sebagai Muslim maka Allah akan berikan semua karunianya baik yang bisa kita pikirkan maupun yang di luar nalar manusia.

Ikhlas dalam ibadah dan melakukan sesuai dengan apa yang di contohkan oleh Nabi adalah jalan selamat untuk menggapai kehidupan yang bahagia dunia dan akhirat.

Lakukan amal kebaikan walau dinilai kecil oleh manusia, karena amalan yang kecil jika di lakukan dengan ikhlas dan di terima oleh Allah maka itu sangat berharga.

Catatan, kisah inspiratif dan cerita inspiratif ini ada yang kisah nyata dan kisah fiksi yang di harapkan bisa untuk menambah semangat kita dalam menjalani kehidupan kita agar menjadi lebih baik.

Lebih baik disini dalam hal duniawi dan juga akhirat, semoga bermanfaat.

Comments

  1. Assalamualaiqum wr.wb
    Kak ada contact yg bisa saya hubungi ?
    soalnya di menu contct us sy tidak bisa mengirimkn pesan kepda kk
    terimaksih kak
    wassalam

    • Abdullah says

      Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatu, iya maaf pak, formnya belum bisa di gunakan, dan saya sudah kirim email ke alamt bapak.

Speak Your Mind

*