Cara Mengubah Pdf ke Word

Cara mengubah atau convert file Pdf ke file doc atau word dengan mudah, cepat dan praktis di segala perangkat, dari Hp (Smartphone) dan PC atau Laptop, temukan caranya pada bahasan kali ini.

Cara Mengubah Pdf ke Word di Laptop

Portable Document Format atau di singkat menjadi PDF besutan dari Adobe System Inc merupakan file berbasis teks yang paling banyak di gunakan untuk e-book atau electronic book dibandingkan dengan format file lainnya.

Bukan tanpa alasan file PDF di suka oleh kebanyakan dari kita, karena file PDF memiliki beberapa kelebihan diantaranya, Pdf dinilai lebih aman, mudah di buka di berbagai perangkat dengan tampilan yang tidak berbeda, isi file tidak mudah untuk di ubah dan kita bisa protect file dengan password sehingga lebih terjaga.

Tapi dengan banyaknya kelebihan tersebut, tetap saja masih banyak yang menginginkan file dalam format word, sehingga jika menerima file PDF sebagian kita akan merubahnya ke file Doc atau word agar lebih mudah dalam akses dan mengeditnya, di bawah ini akan kami tuliskan cara mengubah file pdf ke word agar bisa diedit

Cara Mengubah Pdf ke Word di Laptop dengan Aplikasi

Cara merubah file PDF ke Word ini bisa kita lakukan secara Offline dan Online, dan berikut kami tuliskan caranya di bawah ini.

Cara Merubah Pdf ke Word Secara Offline dengan Microsoft Office

Cara mengubah pdf ke word

Microsoft office versi 2013 ke atas, saat ini bisa kita gunakan untuk merubah atau convert file Pdf ke Word sehingga lebih praktis dan cepat, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word versi 2013 ke atas di Laptop atau PC kita
  2. Klik menu “File”
  3. lalu klik “Open”
  4. Pilih file PDF yang akan diubah ke word dengan klik browse, this pc dan lainnya, pilih sesuai dengan tempat file kita di simpan.
  5. Setelah muncul pop up peringatan, klik “OK” dan tunggu proses konvert selesai
  6. Setelah proses convert selesai, maka file PDF tersebut terbuka dan sudah berbentuk word
  7. Untuk menyimpannya silahkan pilih menu “File” lalu klik “Save As” dan simpan file dalam format Word .doc atau .docx.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di atas, jika Microsoft Office kita di bawah 2013 maka tidak bisa menggunkan cara ini, di bawah akan kami berikan cara lainnya.

Cara Offline Pakai Adobe Acrobat Pro

Selain menggunakan Microsoft Office aplikasi Adobe Acrobat adalah salah satu aplikasi yang terkenal dan mampu untuk mengubah PDF ke Word, tapi bukan yang Adobe Acrobat biasa melainkan yang Pro, karena yang biasa kita gunakan selama ini (tidak ada tambahan Pro) hanya bisa untuk membaca saja.

Jadi install dulu aplikasi Adobe Acrobat Pro nya, dan bisa kita pakai gratis selama 7 gari, selepas itu kita di haruskan membeli licensinya, dengan kata lain, aplikasi ini tidak gratis, baik, berikut cara mengubah file Pdf ke Word menggunakan Adobe Acrobat Pro.

  • Buka aplikasi nya di Laptop (ini adalah aplikasi yang hanya bisa di buka di laptop atau Pc).
  • Pilih file Pdf yang akan kita ubah ke word.
  • Setelah terbuka, kita tinggal pilih File lalu Save As Other.
  • Pilih Microsoft Word dan Word Document.
  • Proses selesai dan file Pdf kita sudah berubah menjadi file Word.

Cara Mengubah Pdf ke Word di Laptop Tanpa Aplikasi

2 Aplikasi atau Sofware di atas semuanya berbayar, dan harga yang di tawarkan pun terbilang cukup menguras kantong, jangan khawatir ada Converter Online yang bisa kita gunakan dengan mudah dan tentunya gratis.

Sebenarnya banyak sekali converter online gratis yang bisa kita gunakan, berikut kami tuliskan cara mengubah pdf ke word online tanpa aplikasi yang gratis

Cara Edit Pdf ke Word dengan Convert Online Free

Salah satu converter online gratis yang bagus dan mudah di gunakan juga tidak perlu registrasi adalah situs convertonlinefree.com. Ya benar kita tidak di pusingkan dengan registrasi, tinggal buka situsnya dan langsung convert file Pdf ke Word, sangat praktis bukan.

Kelebihan lainnya adalah file Pdf yang bisa kita ubah ukurannya bisa sampai 50mb, sangat besar untuk ukuran Pdf, baik berikut caranya.

cara merubah pdf ke word di laptop tanpa aplikasi

  • Buka situs Convert Online Free.
  • Pilih jenis file output yang kita inginkan, pilihannya ada 2 yaitu: “PDF to DOC” dan “PDF to DOCX”
  • Pilih file Pdf yang akan kita convert dengan klik Pilih File.
  • Klik Convert untuk mulai merubah file Pdf ke Doc, tunggu sampai proses convert selesai.
  • Setelah selesai proses conversi, maka akan muncul pop up untuk mengunduh hasilnya.
  • Klik save untuk mulai mengunduh dan menyimpannya di laptop.
  • Proses selesai dan file doc siap di gunakan.

Cara Merubah File Pdf ke Word Secara Manual Pakai Google Doc

Google ternyata bukan hanya Search Engine, tapi ada produk lainnya yaitu Google Doc yang bisa kita gunakan untuk convert file Pdf ke Word secara mudah dan gratis.

Syaratnya kita harus punya akun Google, karena cara ini membutuhkan akses ke Google Drive, berikut cara convert Pdf ke Word secara manual pakai Google Drive.

  1. Login atau masuk ke akun Google lalu buka Google Drive.
  2. Unggah file Pdf yang akan kita convert ke Word dengan cara klik tanda “+ Baru” di pojok kiri atas lalu klik “Unggah”. Tunggu hingga proses unggah atau Upload selesai.
  3. Setelah proses Upload selesai, klik kanan pada file Pdf tersebut dan pilih “Buka dengan” lalu Klik “Google Dokumen”.
  4. File Pdf akan terbuka dengan format Doc, dan kita bisa edit isinya secara manual, lalu kita Save.
  5. Untuk mendownloadnya silahkan Klik “File” lalu Klik “Download” dan pilh “Microsoft Words”.
  6. Proses selesai dan file sudah masuk ke Laptop kita.

Baca juga: Gratis Download Undangan Aqiqah Word Bisa di Edit.

Convert Pdf ke Word di Smartphone

Cara mengubah file Pdf ke word di smartphone terbagi 2, yaitu menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi atau secara online, berikut caranya.

Pakai Aplikasi Konverter PDF to Word

Salah satu aplikasi edit Pdf ke Word yang bagus dan mudah di gunakan adalah ini, berikut caranya.

  • Install aplikasinya dengan cara klik disini.
  • Klik Pdf to Word.
  • Klik Select Pdf File untuk memilih file Pdf yang akan kita convert ke word.
  • Setelah memilih Filenya lalu klik Convert.
  • Setelah selesai convert maka file akan otomatis di simpan di folder Save, dan kita bisa membuka serta mengeditnya secara manual.

Tanpa Aplikasi atau Secara Online

Untuk edit File Pdf ke Word di Smartphone baik Android ataupun iphone tanpa aplikasi atau secara online, bisa kunjungi situs Convertonlinefree.com, dan caranya sama saja seperti yang kami tuliskan di atas, pada sub judul Cara Mengubah Pdf ke Word di Laptop Tanpa Aplikasi di ats, silahkan ikuti panduan tersebut.

# Catatan Tambahan

Cara yang kami berikan di atas, ada yang secara default menggunakan bahasa Inggris dan ada yang menggunakan Bahasa Indonesia, silahkan sesuaikan dengan bahasa yang kita pilih, jangan terpaku kepada apa yang kami tuliskan

Misal di tutorial kami menuliskan Unggah, dan di aplikasi yang sedang Anda buka tulisannya Upload.

Secara garis besar semua situs Converter Online maupun Aplikasi yang ada, cara menggunakannya sama saja, yaitu Buka, Upload filenya, convert dan unduh file wordnya, inilah alasan kami tidak menyertakan semuanya dengan gambar.

Demikian tutorial kali ini tentang cara mengubah Pdf ke Word, semoga bermanfaat, baca juga bagaimana Cara Menggabungkan File Pdf Menjadi Satu di laptop dan Smartphone Android juga Iphone.

Comments

  1. Sama sama, mas, senang bisa bermanfaat…

Speak Your Mind

*