Penjelasan Tentang Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua Dan Guru

Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru, jelaskan dengan rinci?. Berikut kami uraikan dengan detil jawaban cara dan definisi dari penghormatan kepada orang tua dan juga kepada guru.

Birrul Walidain

Birrul walidain adalah berbakti kepada kedua orang tua, dan ini hukumnya wajib bagi seorang anak, baik orang tuanya kafir, jahat, dan kejam kepada kita.

Cara untuk berbakti kepada kedua orang tua adalah dengan menghormati dan memuliakannya Begitu juga dengan guru, baik guru ngaji maupun guru di sekolah, karena guru adalah sebagai pengganti orang tua di saat orang tua tidak ada.

Baca keterangan lengkap perihal Hadits tentang berbakti kepada orang tua, Lalu bagaimana cara kita menghormati mereka?

Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua Dan Guru, Jelaskan Pendapatmu?

cara menghormati orang tua dan guru

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan rinci berdasarkan keadaan orang tua kita, apakah masih hidup atau sudah wafat, karena hormat kepada orang tua di lakukan saat orang tua kita masih hidup maupun sudah wafat.

Bentuk hormat itu sendiri adalah berupa adab dan akhlak seperti yang di ajarkan oleh syariat dalam bentuk menjaga dan menunaikan hak hak orang tua, berikut rinciannya.

Menghormati dan Memuliakan Orang Tua Yang Masih Hidup

  • Mendengarkan setiap nasihatnya dan tidak membantahnya.
    Nasihat yang diberikan oleh orang tua adalah salah satu bentuk kasih sayang mereka, maka tidak pantas kita membantah dan mengacuhkan nya.
  • Taat terhadap perintahnya, selama perintah tersebut tidak melanggar hukum Allah.
    Perintahnya adalah suatu kewajiban bagi kita, selama kita mampu melaksnakannya dan tidak bertentangan dengan hukum Allah.
  • Berbicara dengan lembut dan tidak kasar serta tidak meninggikan suara.
    Tidak meninggikan suara karena akan membuat orang tua sakit hati, dan ini adalah bentuk dosa yang tidak kita sadari.
  • Berusaha membuatnya senang dan bangga.
    Sangat mudah untukmembuat orang tua bangga, yaitu tidak menampakan kesusahan dan kesedihan dihadapannya, dan lakukan apapun yang dia perintahkan semampu kita.
  • Merendah di hadapannya dan tidak bersifat tinggi serta sombong.
    Sifat sombong dalamhal apapun terlarang, tapi terkadang tanpa sadar kita sering berlaku sombong kepada orang tua karena menganggap kita lebih berpendidikan di bandingkan dengan mereka.
  • Membantu orang tua, dalam bentuk apapun yang kita mampu.
    Jika orang tua ada kesulitan atau kebutuhan maka kita wajib membantunya, baik dengan materi, fisik maupun pemikiran.
  • Segera menyambut dan menghampiri jika di panggil.
    Jika orang tua memanggil, maka segera penuhi panggilannya karena itu adalah haknya yang jika kita tidak penuhi akan timbul rasa kesal di hati mereka.
  • Jangan berkata yang menyakitinya, walau hanya ungkapan “uh atau ah”, sebagai bentuk kekecewaan.
    Larangan ini terdapat dalam ayat Al Quran, maksud dari perkataan ini adalah menampakan ke tidak mauan kita terhadap apa yang di perintahkan orang tua, dan ini akan menyakiti hatinya.
  • Tutupi aibnya dan bicarakan kebaikannya
    Semua orang pasti ada aib dan ada juga kebaikannya, maka jangan sebarkan aibnya dan bicarakan atau ceritakan kebaikannya kepada orang lain.

Menghormati dan Memuliakan Orang Tua Yang Sudah Meninggal

  • Menunaikan wasiatnya
    Menunaikan wasiat wajib hukumnya jika wasiat tersebut tidak bertentangan dengan hukum syar’i dan anak menyanggupi untuk menerima wasiat tersebut.
  • Membayarkan hutang hutangnya
    Hutang orang tua yang telah meninggal menjadi tanggungan sanak keluarga nya, maka anak wajib untuk membayarkan hutang orang tua, bisa di bagi untuk semua anak, misal utang 5 juta dan mempunyai 5 anak, maka peranak menanggung hutang 1 juta, atau bisa 1 orang saja yang menyanggupi untuk membayar semuanya.
  • Membagikan warisannya dengan hukum islam
    Wajib hukumnya membagikan warisan sesuai hukum islam, jangan berdasarkan adat atau kebiasaan yang bertentangan dengan hukum islam.
  • Mendoakan mereka
    Doa anak kepada orang tuannya tatkala sudah meninggal adalah suatu bentuk bakti tertinggi dari seorang anak. Baca teks doanya dalam bahasa arab dan latin di artikel doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal.
  • Membayar kafarah puasa yang di tinggalkannya
    Jika semasa hidupnya orang tua masih mempunyai hutang puasa yang belum di bayarkan maka seorang anak wajib membayar puasa tersebut, rincian wajib tidaknya dan cara bayarnya ada rincian tersendiri, disini.
  • Menghajikannya jika mampu
    Jika orang tua belum haji, maka anak bisa mengahajikan orang tua dari hartanya atau jika mampu bisa kita gunakan harta kita.
  • Menjalin hubungan yang baik dengan saudara dan teman kerabat mereka
    Dalam syariat islam menjalin hubungan silaturahmi dengan para kerabat orang tua adalah salah satu bentuk penghormatan kepada mereka.

Cara Menghormati Guru

Untuk cara menghormati guru sama seperti menghormati orang tua tatkala masih hidup di atas, namun ada beberapa tambahan, di antaranya.

  • Hadir di majelis Ilmu atau di sekolah dengan pakaian rapi
    Berpakaian yang rapi dan sopan tentu akan membuat guru nyaman dalam menyampaikan ilmu dan ini adalah salah satu adab dalam islam untuk menghormati guru.
  • Menyimak dan mencatat ilmu yang di ajarkan
    Otak kita tidak bisa menangkap dan merekam semua pelajaran yang di sampaikan oleh guru, dengan menyimak dengan seksama dan mencatat maka ilmu yang kita pelajari bisa kita baca kembali di rumah.
  • Mengamalkan ilmu yang di ajarkan
    Ilmu tanpa amal tidak sempurna, maka kita seharusnya mengamalkan ilmu yang kita dapat dengan kemampuan kita, baca keterangan hadits tentang ilmu.
  • Tidak bertanya hal yang tidak penting
    Bertanyalah hanya sesuatu yang memang kita butuhkan dan penting, dengan bertanya dengan pertanyaan yang tidak penting akan membuang waktu sang guru.
  • Tidak mendebatnya
    Jangan sok pintar dan jangan mendebatnya, jika ada kekeliruan dari guru kita maka sampaikan dengan bijaksana dan tanpa niat untuk mendebat.
  • Tidak membanding bandingkan dengan orang lain
    Tentu setiap orang ada kelebihan dan kekurangannya, maka jangan bandingkan kelemahan guru kita dengan orang atau guru yang lain.

Demikianlah jawaban dan penjelasan yang rinci tentang pertanyaan bagaimana cara menghormati orang tua dan guru?, semoga bisa kita ambil manfaatnya dan bisa kita amalkan. Wallahu a’lam.

Baca juga pertanyaan berikut:


Speak Your Mind

*