Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar berdasarkan struktur dari isi surat lamaran?, akan kami berikan dalam postikan ini juga akan kami berikan template gratis dalam file doc atau word untuk anda pakai langsung, tinggal edit.

Membuat surat lamaran kerja adalah hal yang harus di lakukan jika anda ingin bekerja di suatu perusahaan atau instansi, dalam membuat surat lamaran pekerjaan ini kita harus tahu apa saja isi dan strukturnya.

Tujuannya tentu agar HRD membaca dan mempertimbangkan surat lamaran kerja yang kita buat dan pada akhirnya akan memanggil kita untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

cara membuat surat lamaran kerja yang menarik

Membuat surat lamaran kerja yang menarik tidak bisa asal asalan, kita harus memperhatikan struktur dari isi surat tersebut, berikut adalah struktur isi dalam membuat surat lamaran kerja.

  1. Tempat dan tanggal
  2. Hal dan lampiran
  3. Tujuan dan alamat surat
  4. Salam Pembuka
  5. Alinea Pembuka
  6. Identitas
  7. Berkas
  8. Penutup
  9. Tanda tangan dan Nama

Struktur Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan Tanggal

Tempat dan tanggal di tulis pertama di pojok atas bagian kanan, dan jangan menuliskan tanda titik di akhirnya, karena ini bukan kalimat.

Contoh: Semarang, 12 Januari 2022

2. Hal dan Lampiran

Hal dan lampiran ini di tulis di sebelah kiri, hal diisi dengan Lamaran dan lampiran diisi dengan jumlah dokumen yang akan kita lampirkan.

Contoh:

  • Hal: Lamaran Pekerjaan
  • Lampiran: 2

3. Tujuan dan Alamat Surat

Tujuan dan alamat surat ini adalah penerima surat dan alamat penerima surat, Sebaiknya tidak menuliskan sebutan Bapak atau Ibu tapi tuliskan hanya jabatannya saja, dan usahakan penulisan alamat surat tidak lebih dari 3 baris juga jangan disingkat.

Contoh:

Yth. Manager HRD PT Berkah Dunia AKhirat
Jalan Lebak Duren No.21
Bandung

4. Salam Pembuka

Salam pembuka biasanya kita gunakan  “Dengan Hormat,” jangan lupa untuk menambahkan tanda koma pada akhir salam pembuka.

Contoh: Dengan Hormat,

5. Alinea Pembuka

Alinea pembuka ini bisa kita isi dengan sumber informasi lowongan yang akan kita lamar, jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang sopan dan formal.

Contoh:

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada koran Kompas tanggal 29 Desember 2021, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

6. Identitas

Identitas bisa kita tulis data diri kita diantaranya adalah, nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, kontak yang dapat dihubungi, email.

7. Maksud Surat

Maksud surat ini adalah alasan anda membuat surat lamaran yang berkaitan dengan  alinea pembuka juga tuliskan keahlian yang kita punya, tentu keahlian yang nyambung dengan lowongan tersebut.

contoh:

Dengan ini bermaksud mengajukan surat permohonan untuk bekerja di perusahaan PT Berkah Dunia AKhirat sebagai Staff Administrasi.

Saya mempunyai keahlian mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word,
Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

8. Lampiran Berkas

Pada bagian berkas, Kita bisa tuliskan berkas apa saja yang akan kita lampirkan, seperti CV, fotokopi Ijasah, fotokopi KTP, SKCK dll. Juga jangan lupa untuk membuka dengan kalimat, sebagai pertimbangan, saya lampirkan.

Contoh:

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

• Daftar Riwayat Hidup.
• Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
• Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
• Pas foto terbaru.

Penutup

Bagian penutup dapat diisikan dengan harapan agar bisa mengikuti tes seleksi dan wawancara di perusahaan yang kita lamar dan ucapan terima kasih.

Contoh:

Demikian surat ini saya buat. Besar harapan saya agar bisa diterima di perusahaan ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Atau bisa juga dengan kalimat berikut:

Dengan surat permohonan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan dan besar harapan saya untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara, Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Tanda Tangan dan Nama

Terakhir kita bisa membuat tanda tangan dan nama lengkap yang jelas, Tuliskan juga kata “Hormat Saya,” sebelum membubuhkan tanda tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Untuk lebih jelasnya, berikut kami buatkan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.


Rangkas Bitung, 25 Januari 2021

 

Hal            : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 4

Yth. Manager HRD PT Berkah Dunia AKhirat
Jalan Lebak Duren No.21
Bandung

Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan kerja pada koran Kompas tanggal 29 Desember 2021, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                : Muhammad Fadlan
Tempat, Tanggal Lahir  : Serang, 12 November 1989
Alamat                               : Jalan raga karsa No. 20 Cilembut Bandung
No Kontak                        : 0812 3456 7890 
Pendidikan terakhir        : S1 Jurusan Administrasi Keuangan

Dengan ini bermaksud mengajukan surat permohonan untuk bekerja di perusahaan Bapak/lbu sebagai Staff Administrasi.

Saya mempunyai keahlian mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

• Daftar Riwayat Hidup.
• Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
• Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
• Pas foto terbaru.

Dengan surat permohohan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan dan besar harapan saya untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara. Terima kasih.

Hormat saya,

(bubuhkan tanda tangan disini)

Muhammad Fadlan


Untuk contoh, kami sudah buatkan lengkap untuk berbagai macam lowongan yang bisa di download dan di edit, silahkan baca di artikel, contoh surat lamaran kerja, di bawah ini adalah salah satunya.

cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja PDF dan Word

Kami sertakan juga file PDF dan Word atau doc yang berisi format atau template dari surat lamaran kerja, silahkan download di bawah ini.

Demikian bagaimana cara membuat surat lowongan kerja, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Speak Your Mind

*