Cara Membahagiakan Orang Tua Yang Simpel

Bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua menurut Islam yang sederhana dan kita semua bisa menerapkannya. Walaupun kita sudah menikah, tanpa prestasi, jarak kita dengan orang tua jauh dan permasalahan lain yang dianggap oleh kita sebagai penghalang.

Dalam artikel ini, akan kami tuliskan prinsip dalam membahagiakan orang tua, dan ini semua nyata ada dalam benak kedua orang tua kita, yang jika kita melakukannya, maka kedua orang tua kita akan senang dan tentu itu berbuah pahala bagi kita.

Diantaranya akan kami uraikan prinsip dasar dalam membahagiakan orang tua, lalu permasalahan umum yang di anggap sebagai penghalang dan cara mengatasinya, lalu terakhir akan kami tuliskan kesimpulan secara lengkap apa saja poin yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan orang tua.

Prinsip Utama Membahagiakan Kedua Orang Tua

cara membahagiakan orang tua

Banyak dari kita sepertinya sulit dan tidak tahu bagaimana cara membuat bangga kedua orang tua kita, padahal dalam Islam sudah di ajarkan bagaimana konsep Birul Walidain atau berbakti kepada kedua orang tua.

Padahal ada 1 prinsip utama yang bisa kita terapkan dan itu semua tidak terkait dengan kondisi diri kita sendiri, misal tidak punya prestasi, sudah berumah tangga, tidak punya kelebihan harta dan lain sebagainya.

Prinsip Utama Tersebut Adalah:

Selalu tampakan kebahagiaan dan keceriaan di hadapan orang tua, apapun kondisi kita pada saat itu.

Penjelasan atau Alasan:

Semua orang tua akan bahagia jika melihat anaknya bahagia, dan sebaliknya, orang tua akan menjadi orang yang paling menderita ketika melihat anaknya menderita.

Dengan menampakkan kebahagiaan di hadapannya, walaupun sebenarnya masalah dan kesusahan yang kita hadapi sangat berat, itu artinya kita sudah membuat mereka bahagia.

Tapi sebaliknya jika kita menceritakan setiap masalah dan kesusahan hidup di hadapan mereka, itu sama saja kita sedang mentransfer kesusahan dan masalah kepada mereka dan pasti akan membuat kedua orang tua kita menderita.

Pahami prinsip dasar ini dan renungi baik baik, suatu saat jika kita menjadi orang tua akan paham dengan sendirinya tentang prinsip ini.

Pasti ada saja sanggahan dari kita, tapi kan kita belum begini dan begitu, tapi kan kita perlu suport orang tua, tapi kan, tapi kan dan tapi kan yang lain.

Berikut kami tuliskan permasalahan yang sering di keluhkan atau tepatnya alasan kita kenapa tidak bisa memberikan kebahagiaan kepada orang tua kita, dan cara menerapkan prinsip tersebut.

Cara Membahagiakan Orang Tua Tanpa Prestasi

“Bagaimana saya bisa membahagiakan kedua orang tua, wong saya ini orang yang minim prestasi dan jauh dari harapan orang tua”

Terlihat sulit dan ini banyak di alami oleh kita, terutama jika kita sebagai seorang pelajar yang orang tua kita menuntut untuk mendapatkan nilai tinggi atau rangking di sekolah, atau orang tua kita menuntut kita untuk daftar CPNS, lalu bagaimana cara membuat mereka bangga?.

Caranya adalah dengan menunjukan kesungguhan kita dalam belajar atau usaha kita untuk meraih apa yang menjadi keinginan mereka

Jika kedua orang tua kita tahu dengan usaha kita yang sungguh sungguh tersebut, maka pasti mereka akan memaklumi jika pada akhirnya apa yang mereka harapkan tidak bisa kita raih, disamping itu mereka akan memberikan kita suport dan pasti mereka bangga dengan kegigihan usaha kita.

Ini jawaban khusus tentang masalah tersebut, yang tentu ada poin poin lagi yang harus kita tunaikan, dan akan kami tuliskan pada kesimpulan di akhir artikel.

Jarak Saya dan Orang Tua Jauh

Cara membahagiakan orang tua jarak jauh ini berkaitan dengan prinsip utama di atas yaitu “orang tua akan bahagia jika mengetahui anaknya bahagia”.

Lalu bagaimana cara agar mereka mengetahui kita bahagia?, sedangkan jarak jauh memisahkan kita dengan mereka?.

“Mas, Mbak, Om, Tante”, kita sekarang hidup di era informasi, yang dengannya kita bisa berkomunikasi dari manapun dan di manapun dengan siapa saja tanpa kenal batas dan waktu.

Telepon lah mereka, tanyakan kabar mereka dan beri kabar tentang kebahagiaan kita disini.

Ya, hanya dengan menghubungi mereka saja dan ketika mereka mendengar kita dalam keadaan baik, mereka sudah cukup bahagia, dan mereka sudah cukup mendapatkan perhatian kita.

Catatan

Itu adalah bentuk minimal bakti kita kepada orang tua jika kita berada jauh dengan mereka, tapi jika kita bisa meluangkan waktu untuk berkunjung, maka tentu ini adalah hal yang akan membuat orang tua kita lebih bahagia lagi.

Jangan sampai, kita tidak memberikan kabar sama sekali kepada mereka dalam waktu yang lama, ini akan sangat menyakitkan mereka, mereka menganggap kita sudah tidak peduli dan mereka memikirkan apa yang sedang anaknya alami.

Sempatkan memberi kabar kepada orang tua dan usahakan mengunjungi mereka minimal di waktu waktu khusus, seperti idul fitri dll.

Kirimkan uang kepada mereka, pada prinsipnya mereka tidak begitu mengharapkan kiriman uang kita, tapi dengan kiriman uang tersebut, setidaknya orang tua kita tahu kalau kita tidak kekurangan.

Saya Telah Menikah

“Bagaimana cara membahagiakan orang tua setelah menikah?, karena saya ini sebagai seorang Suami atau saya ini sekarang sebagai seorang Istri”.

Ini pentingnya kita mempelajari tentang Ilmu Agama, dengannya kita bisa mengetahui mana batasan batasan yang di bolehkan dan yang di haramkan, baik kita sebagai seorang suami atau istri.

Dalam islam di ajarkan jika sebagai seorang suami, kita harus mendahulukan orang tua terutama Ibu dari pada istri.

Jika kita sebagai Istri maka suami adalah yang lebih di utamakan di banding orang tua sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat mereka bahagia? caranya adalah Ingat prinsip utama di atas dan terapkan, lalu ada tambahannya.

Untuk suami, jika ibu atau ayah membutuhkan bantuan kita, maka segeralah membantu mereka semampu yang bisa kita lakukan, tunjukan kalau kita peduli terhadap mereka.

Menyisihkan harta kita untuk di berikan kepada mereka sebagai hak orang tua adalah kewajiban suami, tentu itu semua di kadar sesuai dengan kemampuan.

Untuk Istri, jika ayah atau ibu memanggil untuk menjenguknya dan membutuhkan bantuan kita, maka konsultasikan atau bicarakan dengan suami dan ajak suami agar ikut memecahkan masalah ini.

Menjenguk orang tua adalah salah satu hal yang akan membuat kedua orang tua kita senang dan tentu ingat prinsip utama di atas, jangan sampai kita datang kepada mereka membawa permasalahan yang kita hadapi.

Menghubungi mereka, sama seperti jika jarak kita jauh dengan orang tua yang kami paparkan di atas, karena pada prinsipnya orang tua kita senang jika kita peduli terhadap mereka.

Tidak menceritakan permasalahan rumah tangga kepada orang tua,

Jadi tidak ada alasan bagi kita yang sudah menikah untuk tidak membahagiakan kedua orang tua, ingat jasa mereka kepada kita dan inilah saatnya kita membalas jasa mereka selagi mereka masih hidup.

Bahagiakan Orang Tua Walau Sudah Meninggal

Berbakti kepada kedua orang tua tidak ada batasannya, apakah mereka masih hidup ataupun sudah meninggal, dan di atas adalah cara kita membahagiakan orang tua yang masih hidup, lalu bagaimana cara membahagiakan orang tua yang sudah meninggal?.

Menjadi orang yang shalih atau bertaqwa kepada Allah dan mendoakan juga mengirimkan istighfar kepada mereka adalah salah satu cara membahagiakan orang tua yg sudah meninggal, bagaimana caranya?, Baca artikel berikut Cara Mendoakan Orang Tua Yang Sudah Meninggal.

Dan tahukah Anda, inilah puncak kebahagiaan yang akan di dapatkan orang tua, inilah tujuan yang seharusnya orang tua harapkan dari seorang Anak, yaitu menjadikan mereka anak shalih yang senantiasa mendoakan kita.

Tiada hal yang lebih membahagiakan ketika ada bantuan tatkala kita sangat membutuhkan bantuan tersebut, dimana lagi kesusahan dan penderitaan yang lebih dahsyat selain di alam kubur dan akhirat.

Saat seperti inilah peran bakti kita kepada orang tua yang sangat di harapkan, tidak ada cara lain selain menjadi orang sholeh yang mendoakan mereka sebagai cara membalas jasa orang tua kepada kita.

Kesimpulan, Poin Lengkap Cara Membahagiakan Orang Tua

  • Tampakkan kebahagian dan keceriaan saat berhadapan dengan orang tua.
  • Taat dan patuh kepada Orang Tua “selama perintahnya tidak bertentangan dengan hukum Islam atau bukan perbuatan dosa”.
  • Lakukan apapun yang mereka sukai atau tanggung jawab kita tanpa di suruh.
  • Jaga perasaan hati mereka dengan tidak meninggikan suara dan mengucapkan hal yang tidak disukainya.
  • Berlemah lembut ketika berbicara dengan mereka.
  • Hargai setiap pendapat orang tua, jika kita tahu pendapat tersebut salah dalam hukum Islam, maka nasehati dengan lemah lembut dan jangan sampai tersinggung, tapi jika nasihat yang akan kita berikan berpotensi membuat mereka marah, menghindari untuk menunggu saat yang tepat adalah bijaksana.
  • Mendengarkan setiap nasihatnya tanpa menyanggah.
  • Menghormati mereka dan bersabar jika kelakuan orang tua kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
  • Sisihkan harta atau bantu orang tua secara finansial sesuai dengan kemampuan kita.
  • Sering menghubungi mereka baik Via telepon atau wa dan jika mampu mengunjungi mereka, maka itu adalah hal yang sangat disukainya.

Ingat dua hal ini dan ini adalah hal sangat penting:

  1. Lakukan apapun yang bisa membahagiakan kedua orang tua kita selama tidak melanggar rambu rambu Agama, dan semua itu bernilai pahala yang besar disisi-NYA, dan ini juga yang akan di lakukan oleh anak kita ketika kita menjadi orang tua.
  2. Jadikan dan didik anak kita sebagai anak yang taat serta bertaqwa kepada Allah, karena anak yang shalih adalah harta yang sangat berharga bagi kita saat menghadapi alam akhirat.

Demikian bahasan cara membahagiakan orang tua dalam Islam, semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*