Berilah Contoh Perilaku Jujur Dalam Bergaul dengan Orang Lain

Artikel kali ditujukan untuk pelajar khususnya pelajar SD dan SMP pelajaran Adab dan Akhlak dalam Agama, yaitu berupa jawaban dari pertanyaan berilah contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain.

Seperti kita ketahui perilaku jujur adalah mulia dan seharusnya semua orang bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karena dengan sifat jujur ini kita akan hidup dengan ketenangan dan pada akhirnya akan menjadikan kita pribadi yang baik dan di senangi oleh orang lain, juga di janjikan surga oleh Allah subhana hu wataa’ala.

Berilah Contoh Perilaku Jujur Dalam Bergaul dengan Orang Lain

Sebelum melanjutkan ada baiknya anda baca terlebih dahulu tentang penjelasan arti jujur yang benar dan tepat berdasarkan istilah dan AL Quran.

Berilah contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain

Berikut contoh perilaku jujur saat bergaul dengan orang lain:

# Contoh Pertama

Tidak berdusta ketika kita menceritakan suatu kejadian kepada orang lain, katakan apa adanya yang kita ketahui jangan di tambah dan jangan dikurangi.

Misalkan: kita melihat kejadian tentang perkelahian teman kita, lalu kita di tanya tentang kejadian tersebut, maka kita jawab dengan apa yang kita lihat saja, jangan kita melebihkan cerita dengan mengatakan Si A yang salah atau si B yang salah, karena sebenarnya kita tidak mengetahuinya, juga jangan kita mengatakan tidak melihat kejadian tersebut.

# Contoh Kedua

Menepati setiap janji yang sudah kita ikrarkan kepada orang lain dengan sungguh sungguh, walaupun janji tersebut terlihat sepele.

Misalkan: Kita mengatakan kepada teman kita kalau nanti menang lomba lari maraton saya akan traktir kamu makan di kantin sekolah, Lalu kita menang lomba maraton juara ke 3, yang mana hadiah-nya tidak seberapa, tapi karena kita sudah janji maka kita tepati dengan mengajak teman kita tersebut makan di kantin sekolah.

# Contoh ketiga

Menjalankan kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak mana-pun, karena kesepakatan yang kita buat tersebut masuk ke dalam janji yang harus kita tepati dan jalankan.

Misalkan: Di sekolah kita setiap kelas wajib menjalankan piket (melakukan kebersihan) dengan sudah di tentukan hari harinya. Dan kita mendapatkan giliran pada hari senin, jadi setiap hari senin kita melakukan kegiatan tersebut walaupun orang lain yang mendapatkan giliran pada hari senin tidak melakukannya.

Misalkan 2: Seorang karyawan yang sebelum masuk kerja menerima perjanjian bahwa masukkerja jam 08:00 pulang jam 17:00, dalam praktek-nya kita harus menepati perjanjian tersebut dan jangan pernah menyelisihinya semampu kita.

# Contoh ke empat

Tidak curang dalam berdagang, walaupun resiko kerugian menjadi besar kalau kita tidak curang.

Misalkan: Kita menjual buah mangga, kita sudah memakan salah satu buah mangga tersebut dan ternyata buah mangga tersebut tidak manis dan sedikit asam, maka kita dalam berdagang tidak mengatakan bahwa buah mangga tersebut manis, tapi kalau ada yang bertanya jawab dengan apa adanya.

# Contoh kelima

Tidak mengurangi timbangan dalam berdagang, hanya gunakan timbangan yang benar dan sudah terverivikasi dengan baik.

Misalkan: Ketika kita menjual beras kiloan, maka kita harus memastikan bahwa timbangan kita benar akurat dan jangan sampai mengurangi timbangan, juallah dengan apa adanya beli sekilo maka kita timbang tepat sekilo.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan berilah contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain, Semoga kita bisa menjadi pribadi yang jujur dan membiasakan sifat jujur agar selalu tertanam dalam setiap perilaku kita, baik di lingkungan sekolah, di keluarga dan di masyarakat.

Perilaku jujur juga banyak terdapat di dalam hadits, selengkapnya silahkan baca hadits tentang jujur.

Speak Your Mind

*