Ayat Al Qur’an Tentang Orang Yang Berbohong Arab dan Artinya

Ayat Al Qur’an tentang orang yang berbohong dalam tulisan Arab dan artinya serta penjelasan ayat tentang berbohong.

Artikel ini adalah artikel berseri yang membahas tentang berbohong di antaranya adalah ayat dan hadits tentang berbohong, ciri ciri orang berbohong lalu dosa dan azab berbohong, kali ini kami akan tuliskan ayat al quran tentang berbohong.

Ayat Al Qur’an Tentang Orang Yang Berbohong

ayat al qur'an tentang orang yang berbohong

Disini kami akan tuliskan ayat AL Quran tentang tema bohong berdasarkan tujuan dari kebohongan yang di lakukan oleh manusia.

Ayat Tentang Kebohongan Dalam Keimanan

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Artinya: “sungguh telah kami uji orang-orang sebelum mereka, agar Allah mengetahui orang yang jujur dan mengetahui orang yang dusta” [QS. Al Ankabut: 3].

Penjelasan Tafsir

Dalam tafsir jalalain disebutkan bahwa makna dari, Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang beriman sebelum mereka. Artinya orang mengatakan beriman maka ALlah akan berikan ujian.

Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar di dalam keimanan mereka dengan pengetahuan yang nyata dan sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang dusta (bohong) dalam keimanannya.

Ayat ini menjelaskan jika seseorang sudah mengikrarkan keimanan nya maka Allah akan uji, seseorang yang jujur dengan keimanannya maka orang tersebut akan melalui ujian tersebut dengan baik.

Sebaliknya jika seseorang berdusta tentang keimananya maka ia tidak akan lulus dari ujian tersebut dan sesungguhnya Allah maha mengetahui akan tindakan dusta akan keimanan seseorang.

Ayat Tentang Allah Mengetahui Semua Yang Tersembunyi

قُلْ إِنْ تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ وَيَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “katakanlah: jika kalian menyembunyikan apa yang ada di dalam dada kalian, atau kalian menampakkannya, maka Allah mengetahui semua itu. Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan Allah maha kuasa atas segala sesuatu” [QS. Al Imran: 29].

Penjelasan Tafsir

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan, Allah Swt. memberitahukan kepada semua hamba-hamba-Nya bahwa Dia mengetahui semua yang tersembunyi dan semua yang tampak, dan bahwa tiada yang samar bagi Allah suatu hal pun dari mereka, melainkan Dia mengetahuinya dan meliputi mereka dalam semua keadaan, zaman, hari-hari, jam dan detik-detik mereka, serta mengetahui semua yang ada di bumi dan di langit. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi-Nya walau seberat zarrah, dan bahkan yang lebih kecil lagi dari itu di semua kawasan bumi, laut, dan bukit-bukit.

Dalam tafsir Ibnu katsir tersebut di jelaskan bahwa Allah maha mengetahui apapun yang kita sembunyikan, dan yang di sembunyikan itu adalah suatu kedustaan yang ada di dada dada manusia.

Jadi apapun bentuk kebohongan kita, entah bohong kepada manusia pada umumnya, bohong niat, dan jenis bohong apapun maka Allah maha mengetahui kebohongan tersebut.

Ayat Tentang Kebohongan Terhadap Allah

شَىْءٌ وَمَن قَالَ سَأُنزِلُ مِثْلَ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ ۗ وَلَوْ تَرَىٰٓ إِذِ ٱلظَّٰلِمُونَ فِى غَمَرَٰتِ ٱلْمَوْتِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ بَاسِطُوٓا۟ أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوٓا۟ أَنفُسَكُمُ ۖ ٱلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ ٱلْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ غَيْرَ ٱلْحَقِّ وَكُنتُمْ عَنْ ءَايَٰتِهِۦ تَسْتَكْبِرُونَ

Artinya: Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat kebohongan terhadap Allah atau yang berkata: “Telah diwahyukan kepada saya”, padahal tidak ada diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata: “Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah”. Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu” Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya. [QS Al An’am ayat 93]

Penjelasan Tafsir

Kebohongan terhadap Allah ini adalah suatu kezaliman yang sangat besar, kebohongan yang bagaimana?, berdusta bahwa Allah telah menurunkan wahyu kepada-nya, padahal tidaklah demikian, karena wahyu sudah terputus setelah wafatnya Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wassalam.

Dan akibat dari kebohongan ini menjadikan ia adalah orang yang sangat zalim, balasannya adalah saat sakaratul maut sudah mendapatkan azab yang sangat pedih dan menghinakan.

Ini akibat dari seseorang yang berdusta atas nama Allah dan sombong terhadap ayat Al Quran, dan ayat ini juga dalil akan terhinanya orang yang mengaku Nabi, karena orang yang mengaku nabi adalah orang yang berdusta dengan dusta yang sangat berat.

Ayat Tentang Orang Yang Berdusta Kepada Ayat Allah

إِنَّمَا يَفْتَرِى ٱلْكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْكَٰذِبُونَ

Artinya: Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta. [QS An-Nahl ]yat 105

Penjelasan Tafsir Quran Surat An-Nahl Ayat 105 

Nabi Muhammad -ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam bukanlah pendusta, karena ayat Al Quran yang di bawa olehnya adalah benar dari Allah. Yang membuat kebohongan hanyalah orang-orang yang tidak membenarkan ayat-ayat Allah, karena mereka tidak takut kepada azab Allah dan tidak berharap akan pahala-Nya, mereka yang disifati dengan kekufuran itulah orang-orang pendusta, karena kedustaan sudah menjadi kebiasaan mereka.

Ayat Al Qur’an Tentang Kebohongan Orang Kafir

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ ٱفْتَرَىٰ عَلَى ٱللَّهِ كَذِبًا أَوْ كَذَّبَ بِٱلْحَقِّ لَمَّا جَآءَهُۥٓ ۚ أَلَيْسَ فِى جَهَنَّمَ مَثْوًى لِّلْكَٰفِرِينَ

Artinya: Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah atau mendustakan yang hak tatkala yang hak itu datang kepadanya? Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang kafir? [QS Al-‘Ankabut Ayat 68]

Penjelasan Tafsir Quran Surat Al-‘Ankabut Ayat 68

Tidak ada seorangpun yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan dusta atas Allah dengan mengadakan sekutu bagi-Nya, atau mendustakan kebenaran yang dibawa oleh Rasul-Nya. Tidak disangsikan bahwa Neraka Jahanam adalah tempat bagi orang-orang kafir dan yang semisal dengan mereka.

Nasihat Tentang Kedustaan

Kedustaan atau kebohongan yang di lakukan manusia bertingkat-tingkat, dan semuanya terlarang kecuali 3 hal, yaitu pertama dalam rangka mendamaikan saudara kita yang bertengkar, kedua dalam peperangan, ketiga ucapan bohong antara suami dan istri untuk mempererat tali kasih.

Selain 3 hal di atas maka semuanya terlarang, hata dalam bercanda sekalipun, karena akan mengakibatkan salah paham dan timbulnya rasa benci juga permusuhan.

Selalulah bersifat jujur, karena kejujuran dekat dengan kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan kita kedalam surga, sebaliknya jauhi kedustaan karena akan membawa kepada kejahatan dan kejahatan tempat kembalinya adalah neraka.

Demikianlah beberapa ayat al qur’an tentang orang yang berbohong dalam tulisan Arab arti dan penjelasan tafsirnya, semoga bermanfaat, dan semoga kita di jauhkan dari sifat tercela ini dan dijadikannya kita sebagai orang yang jujur. Wallahu a’lam.

Speak Your Mind

*