Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Ayat dan artinya yang menjelaskan gambaran malaikat, Yang di maksud disini adalah rupa, bentuk dan sifat malaikat itu sendiri, apakah seperti manusia atau seperti mahluk lainnya?.

Kita akan jawab dengan Ayat Al Quran dan hadits tentang gambaran malaikat.

Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Bentuk Malaikat

 

Ayat yang menjelaskan tentang bentuk malaikat, yaitu ada dalam Surat Al-Fatir ayat ke 1 yang berbunyi:

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ جَاعِلِ الْمَلائِكَةِ رُسُلا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. [Q.S Al Fatir 1].

Dalam ayat di atas, Allah menerangkan bahwa malaikat tersebut memiliki sayap, dan jumlah sayap pada masing-masing malaikat berbeda-beda, ada yang 2, 3 dan 4.

Ayat tersebut juga menjelaskan bahwa Allah maha kuasa untuk menambahkan apapun kepada ciptaannya.

Sifat Malaikat

Yang kedua gambaran tentang sifat malaikat ada pada Surat Al-Anbiya’ ayat 19-20, yang berbunyi:

وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Artinya : “Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”[Q.S Al Anbiya 19-20]

Ayat ini menerangkan bahwa malaikat mempunyai sifat yang baik, tidak angkuh dan tidak membangkang dengan perintah Allah, selalu menyembah Allah,tidak pernah capek dalam penyembahan-Nya, selalu bertasbih siang dan malam.

Hadits Yang Menjelaskan Tentang Gambaran Malaikat

Salah satu hadits yang menerangkan tentang bentuk fisik dari malaikat Jibril adalah hadits riwayat Imam An Nasa’i berikut:

رَأَى مُحَمَّدٌ ﷺ جِبْرِيْلَ لَهُ سِتُّمِائَةِ جَنَاحٍ قَدْ سَدَّ الأُفُق

Artinya: “Muhammad ﷺ melihat Jibril (dalam wujud aslinya). Ia memiliki 600 sayap yang menutupi langit.” [HR. An-Nasa-i].

Dalam hadits tersebut di gambarkan malaikat jibril mempunyai 600 sayap yang menutupi langit, ini menandakan malaikat jibril begitu besar.

Lalu pertanyaannya, bagaimana Malaikat sebesar itu bisa berbicara dengan Nabi Muhammad ﷺ ?, jawabnya karena malaikat jibril menyamar menyerupai manusia.

Kesimpulan

Gambaran malaikat dalam ayat Al Quran dan Hadits adalah mahluk yang sangat besar dan mempunyai sayap, untuk jumlah sayapnya beragam, ada yang 2, 3, 4 dan 600 sayap, dan Allah maha kuasa atas mahluk ciptaannya.

Demikian jawaban dari pertanyaan, tuliskan ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat, Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*