Arti Asmaul Husna Al Alim, Dalil dan Penjelasannya Lengkap

Arti asmaul husna Al Alim dan penjelasannya lengkap, di antarannya tentang arti, makna, dalil dan cara beramal dan mengimani nama Allah Al Alim, berikut uraiannya.

Arti Asmaul Husna Al Alim

arti asmaul husna al alim

Al Alim العليم adalah salah satu dari 99 nama Allah yang husna, artinya adalah maha mengetahui.

Apa Maknanya?

Maknanya adalah, Bahwa Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di alam raya ini, sebelum dan sesudah sesuatu itu ada, kemana arah gerakan sesuatu itu akan bergerak, kemana manusia itu akan melangkah, kemana manusia itu akan masuk (surga atau neraka), apa isi hati manusia dan lain sebaginya.

Al Aliim ini berhubungan dengan Al Bashiir Allah maha Melihat dan As Samii Allah maha mendengar, maka Allah maha mengetahui segala sesuatu yang tampak maupun yang tersembunyi

Dalil Al Quran Tentang Al Alim “Yang Maha Mengetahui”

Berikut ini adalah dalil AL Alim dari ayat Al quran, di antaranya.

Quran Surat Saba: 26

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِٱلْحَقِّ وَهُوَ ٱلْفَتَّاحُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: Katakanlah: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dialah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui“. [QS Saba: 26].

Quran Surat Al-Hijr :86

إِنَّ رَبَّكَ هُوَ ٱلْخَلَّٰقُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui [Al-Hijr :86].

Quran Surat Al-Baqarah Ayat 32

قَالُوا۟ سُبْحَٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” [Al-Baqarah : 32].

Quran Surat Al-Hadid Ayat 6

يُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَيُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ ۚ وَهُوَ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

Artinya: Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati. [Al-Hadid : 6].

Baca Juga: Hadits Tentang Asmaul Husna

Iman Kepada Al Aliim

Setiap muslim wajib mengimani dan meyakini dengan tanpa keraguan tentang ke maha tahuan Allah, kalau ada muslim yang meragukan dan tidak meyakini nama ini, maka dia telah kufur. Karena ini adalah masalah aqidah Islam yang tidak bisa di tawar lagi.

Lalu bagaimana cara beriman kepada AL Alim?

Beriman dengan Al Aliim di atas sudah disebutkan harus yakin tanpa ada keraguan, dan bentuk iman kita kepada Al aliim adalah dengan perbuatan atau tingkah laku kita.

Maksudnya?

Dengan meyakini kalau Allah maha mengetahui, maka kita seharusnya merasa selalu di awasi oleh Allah, sehingga apapun yang kita lakukan akan berdasarkan rambu rambu yang sudah di tentukan dalamsyariat Islam.

Contoh Beramal Dengan Al Aliim

Tatkala hati kita timbul rasa riya dalam beramal, maka segera perbaiki niat kita, karena kita yakin Allah mengetahui isi hati kita dan apa yang di niatkan ketika kita melakukan amal sholih tersebut.

Ketika kita akan bermaksiat, misal akan zina, dan kita sudah berada di tempat yang tidak terlihat oleh siapapun. Jika kita beriman dengan Nama Al Alim maka kita sadar bahwa Allah mengetahui perbuatan tersebut, walaupun secara dhohir tidak ada yang melihat.

Maka bentuk iman kita adalah dengan menghentikan perbuatan maksiat tersebut dan bertaubat kepada Allah Aza wa jalla.

Kesimpulan Arti Asmaul Husna Al Alim

Allah maha mengetahui segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi, pengetahuan Allah tersebut tidak terbatas, dan sangat berbeda dengan pengetahuan manusia.

Selalu tanamkan dalam hati kita bahwa Allah maha mengetahui segala sesuatu agar kita mempunyai rem di saat akan berbuat maksiat.

Demikian uraian singkat tentang arti asmaul husna Al Alim “yang maha mengetahui” yang merupakan salah satu dari 99 Nama Asmaul Husna. Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*