Aplikasi SDGs Desa 2021

Link Download Aplikasi SDGs Desa 2021 untuk PC atau Laptop juga Smart Phone (Hp), dan cara login juga cara menggunakan Aplikasi ini dalam bentuk video agar mudah di pahami, semua kami bahas secara lengkap. 

Aplikasi SDGs Desa 2021

Aplikasi SDGs Desa

Aplikasi SDGs Desa di buat atau kembangkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang di singkat “Kemendesa PDTT”.

Yang tujuannya adalah untuk melakukan pembaharuan data IDM yang lebih detail dan lebih mikro, yang harapannya adalah agar penyajian informasi menjadi lebih banyak juga mendalam sebagai proses perbaikan data pada level RT, Warga dan Keluarga.

Siapa Yang Memerlukan Aplikasi SDGs Desa?

Lalu siapa saja memerlukan dan terlibat dalam pembaharuan data SDGs Desa ini ?

Bila kita merujuk pada paragraf kedua tentang pendataan Desa tahap awal yang ada dalam Pasal 16 Ayat 3, 4, dan 5 Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi disingkat Permendesa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Bahwa pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran atau pembaharuan data SDGs Desa adalah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah daerah provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Dengan melihat susunan Pokja pendataan SDGs Desa adalah sebagai berikut

Pembina : Kepala Desa
Ketua : Sekretaris Desa
Sekretaris: Kasi Pemerintahan Desa

Anggotanya Adalah:

  • Unsur Perangkat Desa
    Ketua RW
    Ketua RT
    Unsur Karang Taruna
    Unsur PKK
    Unsur masyarakat lainnya yang bersedia menjadi relawan pendata

Mitranya Adalah:

  • Pendamping Desa
    Babinsa
    Babinkamtibmas
    Mahasiswa yang berada di Desa

Maka tim pokja inilah yang akan bertanggungjawab dan bertugas, baik dalam mengisi kuisioner yang terdapat dalam Aplikasi SDGs Desa, wawancara dengan warga, menjelaskan tata cara pembaruan, melakukan monitoring, serta mengikuti pelatihan yang diadakan secara online melalui pelatihan di akademidesa.kemendesa.go.id.

Bolehkah Masyarakat Biasa Masuk Pokja?

Apakah boleh unsur masyarakat biasa yang berada di Desa itu menjadi bagian dalam Kelompok Kerja (Pokja) Relawan Pendataan Desa?.

Jika merujuk pada Permendesa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 pada Pasal 16 Ayat 4, tidak ada larangan bagi masyarakat menjadi bagian dari tim pokja tentu saja semua ini harus di putuskan dalam Musyawarah Desa.

Anggaran Desa untuk pembaharuan SDGs Desa

Pendanaan yang perlu di anggarkan oleh Pemerintah Desa dalam APBDes 2021 dalam kegiatan pemutakhiran data SDGs Desa ini adalah Pembiayaan untuk pengadaan Smartphone, yang spesifikasinya minimal RAM 3 Giga dan memori internal atau penyimpanan minimal 64 GB dan pulsa perbulan.

Alasannya, Karena pembaharuan data SDGs desa ini sistemnya online, seperti pengisian kuesioner survey mulai tingkat warga sampai survey level Desa.

Dana lainnya yang perlu di anggarkan oleh Pemerintah Desa adalah dana transportasi, pembekalan, konsumsi dan dana dana lainnya yang di putuskan di dalam musyawarah Desa sesuai dengan kewenangan Desa.

Tugas Tim Pokja

Jika kita melihat dari website SDGs Kemendes PDTT tugas dan peran dari tim Pokja relawan pendataan SDGs Desa dalam pemutakhiran data adalah.

  • Perangkat Desa, Pendata dan pengisi kuesioner survey desa adalah perangkat desa yang di beri tugas untuk mengumpulkan data dan informasi agar dapat mengisi kuesioner desa.
  • Rukun Tetangga RT, Pendata dan pengisi kuesioner survey RT ialah pengurus RT yang di beri tugas untuk mengumpulkan data dan informasi guna mengisi kuesioner Rukun Tetangga RT.
  • Relawan Desa, Pendata dan pengisi kuesioner survey keluarga dan survey warga ialah Relawan Desa yang ditugasi di tiap Rukun Tetangga untuk mewawancarai keluarga guna mengisi kuesioner keluarga dan mewawancarai warga untuk mengisi kuesioner warga.
  • Pendamping Desa mempunyai tugas untuk:
    – Menjelaskan proses pemutakhiran data SDGs Desa.
    – Melakukan monitoring terhadap seluruh proses pemutakhiran data SDGs Desa.
    – Memecahkan masalah lapangan, dan jika diperlukan dapat berkonsultasi dengan Kementerian        Desa, PDT, dan Transmigrasi.
    – Menyampaikan laporan pelaksanaan pemutakhiran data SDGs Desa kepada Kementerian Desa,      PDT, dan Transmigrasi.

Download Aplikasi SDGs Desa 2021

Untuk mendownload Aplikasi SDGs Desa caranya sangat mudah, yaitu dengan cara mengunjungi Playstore di Hp Android Anda, lalu ketikan di kolom pencarian dengan Keywords Aplikasi sdgs desa, nanti akan keluar aplikasinya, lalu tinggal kita instal.

Jika tidak mau repot silahkan klik tautan di bawah ini, nanti Anda akan di bawa langsung ke Playstore di halaman SDGs Desa, tinggal instal saja, silahkan klik tautan di bawah ini.

Cara di atas adalah cara Download aplikasi SDGs Desa via Smartphone atau Hp, lalu bagaimana dengan pengguna Laptop atau PC, simak di bawah ini.

Download Aplikasi SDGs Desa 2021 untuk PC atau Laptop

Pertama yang harus Anda tahu, bahwa Aplikasi SDGs Desa ini hanya tersedia di Playstore atau Hp saja atau hanya khusus untuk di buka di HP.

Tapi kita bisa mengakali itu dengan menginstal Simulator, simulator ini maksudnya adalah, tampilan Handphone tapi di PC atau Laptop, Jadi sebenarnya kita membuka dengan aplikasi Hp juga tapi di buka di Laptop.

Dan perlu di ketahui juga bahwa simulator ini aplikasi yang besar dan berat, jika PC Anda spesifikasinya rendah maka tidak di sarankan menginstal Aplikasi ini, karena akan membuat kesal saat loading.

Saran kami sebaiknya memang enak di buka Via Handphone saja karena lebih ringan dan cepat, tapi jika ingin mencobanya silahkan klik tautan di bawah ini.

SDGs Desa Login

Untuk cara login Aplikasi SDGs Desa bagi pendamping desa cukup mudah karena para pendamping desa sudah mempunyai Data induk yang tersimpan di database Kemendes (Kementrian Desa).

Yang menjadi masalah adalah Pokja, karena Pokja tidak memiliki User Name dan Paswords, lalu bagaimana caranya untuk login atau masuk ke aplikasi SDGs Desa?.

Caranya adalah kepala desa setempat harus menerbitkan surat keputusan pokja pendataan desa dan menyerahkan daftar Pokja pendataan Desa dalam bentuk file XLS atau Exel kepada pendamping lokal desa, menyampaikan kepada pendamping desa, koordinator tenaga ahli kabupaten/kota, coordinator tenaga ahli provinsi, yang kemudian mengirimkan ke email pusdatin@kemendesa.go.id.

Setelah proses itu maka kita akan mendapatkan konfirmasi Username dan pasword, tentung dengan menunggu terlebih dahulu, karena tidak langsung.

Cara Menggunakan Aplikasi SDGs Desa Lengkap dengan Video

Untuk penggunaan atau cara menggunakan Aplikasi ini lebih mudahnya silahkan tonton video berikut, tapi kalau ingin yang berbentuk tulisan silahkan download file Pdf dengan cara klik disini.

Demikian cara download aolikasi SDGs Desa terbaru 2021 cara login dan cara menggunakannya, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel yang berkaitan:

Speak Your Mind

*