Apakah Nabi Mempunyai Sifat Sebagaimana Manusia, Jelaskan Pendapatmu?

Pertanyaan, Apakah nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jelaskan pendapatmu?

Untuk pertanyaan ini ada 2 jawaban, bisa iya dan bisa tidak, jika kita lihat dari makna sifat itu sendiri, yang maknanya adalah suatu karakter yang ada pada diri manusia, sifat ini bisa baik dan bisa buruk atau tercela.

Berikut kedua jawaban dari pertanyaan di atas serta penjelasan atau pendapat tentang jawaban di atas dan bukti akan sifat tersebut.

Jawaban dan Penjelasan, Apakah Nabi Mempunyai Sifat Sebagaimana Manusia, Jelaskan Pendapatmu?

Apakah Nabi Mempunyai Sifat Sebagaimana Manusia

Jawaban Pertama Iya

Ya sama, Nabi mempunyai sifat sama seperti manusia pada umumnya, karena Nabi juga manusia sama seperti kita, yang membedakannya adalah, para Nabi di bimbing oleh Allah sehingga terlepas dari kesalahan dan sifat tercela.

Buktinya

Saat nabi sedang berkumpul atau bermajelis dengan para pembesar quraisy dengan tujuan dakwah agar para pembesar quraisy tersebut memeluk Islam, dan di saat yang bersamaan datanglah sahabat Abdullah bin Ummi Maktum yang matanya buta.

Saat mengetahui datangnya Abdullah bin Ummi Maktum, Rasulullah bermuka masam dan acuh tak acuh kepadanya. Atas perlakuan tersebut Allah Azza wa jalla langsung menegur Rasulullah dengan menurunkan Surat Abasa.

Kalau di lihat secara dzohir Abdullah bin Ummi Maktum ini seorang yang tuna netra, tentu tidak akan mengetahui masam dan acuhnya Rasulullah salallahu alaihi wassalam terhadapnya, tapi kenapa di tegur oleh Allah?.

Karena tidak pantas seorang Nabi dan Rasulullah mempunyai sifat meremehkan manusia lainnya, walaupun seorang yang cacat, baik buta ataupun tuli.

Sehingga untuk meluruskan kesalahan tersebut langsung di tegur oleh Allah, dan ini adalah asbabun nuzul atau sebab turunnya surat Abasa.

Jawaban Kedua Tidak

Tidak sama, Memang betul Nabi adalah manusia seperti kita pada umumnya, tapi Allah memberikan taufiq dan kesempurnaan dari sifatnya tersebut.

Buktinya

Sebelum di angkat menjadi Nabi, Muhammad sudah menjadi orang yang baik akhlak, budi pekerti dan terpercaya sehingga Beliau mendapatkan gelar Al Amin atau orang yang terpercaya dan amanah.

Dan sifat akhlak beliau tidak akan ada yang pernah menyamainya, walaupun Imam Mahdi yang perawakan dan wajahnya persis seperti nabi, tapi tidak dengan akhlaknya. Sebagaimana terdapat di dalam hadits tentang tanda tanda hari kiamat yang menerangkan perihal Imam Mahdi.

Kesimpulan Jawaban

Nabi adalah manusia biasa seperti manusia pada umumnya, yang di pilih oleh Allah sebagai penyampai wahyu, maka sifat yang ada pada Nabi sama seperti manusia lainnya, tapi karena Nabi di bimbing langsung oleh Allah maka sifat sifat yang ada pada diri Nabi adalah sifat yang sempurna tanpa cela dan berbeda dari manusia lainnya.

Jadi jawaban lengkapnya adalah:

Secara fitrah sifat Nabi sama seperti manusia pada umumnya karena Nabi juga manusia biasa.

Tapi secara hakikat sifat nabi berbeda dari manusia secara umum, karena Nabi dibimbing langsung oleh Allah subhana huwata a’la.

Demikian kesimpulan jawaban dan penjelasan dari pertanyaan, apakah nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jelaskan pendapatmu?. Semoga bermanfaat Wallahu a’lam.

Baca juga jawaban dari pertanyaan lainnya tentang:


Speak Your Mind

*