Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat?

Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat?, berikut jawaban dan penjelasan secara terperinci yang mudah dipahami.

Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat

Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat?

Iklan layanan masyarakat atau disingkat ILM adalah iklan yang isinya tentang pesan pesan sosial dengan tujuan agar masyarakat mempunyai kepedulian terhadap masalah yang terjadi di sekitar kita.

Iklan layanan masyarakat bisa di buat oleh instansi pemerintah atau organisasi, baik organisasi profit maupun non profit yang tujuan utamanya adalah sosial ekonomis tentang cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Menurut Ahli

Berikut pernyataan dari beberapa ahli tentang pengertian dari Iklan Layanan Masyarakat:

Kasali
Iklan layanan masyarakat adalah suatu permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau pemerintah secara langsung sebagai solidaritas terhadap masalah yang terjadi di masyarakat. Contohnya yaitu program pemerintah, ketertiban lalu lintas, penggunan masker saat wabah covid dll.

Liliweri
Menurut Liliweri pengertian iklan layanan masyarakat adalah iklan yang sifatnya non-profit, jadi iklan layanan masyarakat bukan untuk mencari keuntungan.

Susamto
Menurut Susanto iklan layanan masyarakat adalah media informasi mengenai setiap layanan masyarakat, penyebaran informasi tidak melalui pembelian ruang dan waktu, setiap iklan yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dilaksanakan berdasar kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntungan).

Ciri-Ciri iklan Layanan Masyarakat

Beberapa ciri atau sifat dari iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Tidak komersial atau non profit
  • Tidak bersifat politis.
  • Berwawasan nasional
  • Ditujukan untuk semua lapisan masyarakat.
  • Tidak bersifat keagamaan.
  • Diajukan oleh instansi pemerintah atau organisasi yang telah diakui.
  • Mempunyai kepentingan besar dan dampak yang signifikan untuk kemaslahatan umum.

Tujuan Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan dari iklan layanan masyarakat setidaknya ada 4 yaitu:

  • Menginformasikan
  • Membujuk
  • Mengingatkan
  • Mengubah persepsi
  1. Menginformasikan
    Tujuan pertama adalah menginformasikan kepada masyarakat mengenai program, layanan, atau aktivitas pemerintah yang berkaitan dengan sosial.
  2. Membujuk
    Yaitu untuk membujuk masyarakat agar agar andil atau mengikuti program pemerintah seperti, melakukan vaksin covid 19, ikut BPJS, membuat KTP elektronik, mengikuti program keluarga berencana (KB), dan lain sebagainya.
  3. Mengingatkan
    Tujuannya adalah agar masyarakat ingat dengan program yang sedang berjalan dan segera mengikuti atau ikut andil di alamnya.
  4. Mengubah Persepsi
    Maksud dari mengubah persepsi adalah, agar masyarakat mengetahui tentang suatu masalah yang dihadapi dengan benar, seperti masyarakat enggan mengikuti anjuran pemerintah terkait covid 19, maka pemerintah membuat iklan layanan masyarakat pentinggnya memakai masker, pentingnya menghindari kerumunan dan lainnya.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

contoh iklan layanan masyarakat terkait covid

Gambar diatas adalah salah satu contoh iklan layanan masyarakat terkait dengan pandemi yang melanda dunia yaitu Covid-19, dalam gambar tersebut tertulis kalimat agar masyarakat memakai masker dengan tujuan agar pandemi segera berakhir.

Demikian jawaban dari pertanyaan tentang maksud dan pengertian dari iklan layanan masyarakat, semoga bermanfaat.

Baca juga jawaban dari pertanyaan berikut:

Speak Your Mind

*