Alam Penantian Menunggu Datangnya Hari Kiamat Disebut?

Alam penantian menunggu datangnya hari kiamat disebut? ini pertanyaan yang sering keluar saat ujian pelajaran Agama Islam di sekolah SD dan SMP.

Tapi jika di tanyakan ke orang dewasa atau anak SMU bahkan anak kuliah pun, ternyata banyak juga yang tidak bisa menjawabnya, Mengapa demikian?

Karena di zaman ini, kita sudah terlalu jauh dari ilmu agama dan sangat cinta kepada dunia, sehingga pertanyaan dasar yang merupakan perkara aqidah sulit untuk di jawab.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memperdalam ilmu agama, selama hayat masih di kandung badan dan sebelum nyawa sampai kerongkongan maka menuntut ilmu hukumnya wajib.

Alam Penantian Menunggu Datangnya Hari Kiamat Disebut Apa?

Alam Penantian Menunggu Datangnya Hari Kiamat

Jawabannya adalah alam barzakh atau alam kubur, jadi semua manusia dari Nabi Adam sampai manusia saat ini yang sudah meninggal akan berada di alam kubur sampai kelak datangnya hari kiamat.

Lalu pertanyaan lanjutannya adalah, apakah alam kubur berarti ada didalam kubur?, atau ada didimensi lain?.

Tidak ada keterangan pastinya, tapi yang jelas tidak di dalam kubur, dalam arti, jika kita menggali kuburan untuk mengetahui keadaan alam barzakh maka tidak akan ada. yang ada hanyalah bangkai jenazah, karena yang berada di alam barzakh adalah ruh.

Dimana tempat alam barzakh? Jawabnya adalah di alam lain, dan hanya Allah sajalah yang tahu.

Yang pasti di alam barzah ada nikmat kubur dan ada siksa kubur, kita harus mengimaninya, karena ini perkara aqidah yang sudah di kabarkan oleh Nabi Muhammad Sallalhu alaihi wassalam.

Kesimpulan Perjalanan Manusia di 4 Alam

Alam dalam agama islam terbagi 4 yaitu alam ruh, alam dunia, alam barzakh dan alam akhirat, alam ruh ada sebelum kita lahir, setelah lahir maka kita masuk ke alam dunia, setelah meninggal maka manusia akan masuk ke alam barzakh lalu setelah terjadinya kiamat maka kita semua akan masuk ke alam akhirat.

Di alam akhirat inilah kita akan mempertanggung jawabkan semua yang telah kita lakukan di dunia ini, dimulai dari padang mahsyar, lalu ada mizan dan hisab, shirat, qontara lalu surga dan untuk orang kafir, musrik, munafik dan orang islam yang banyak dosanya dari amalnya akan masuk ke dalam neraka.

Kita akan kekal di alam akhirat, dan tidak ada lagi kematian, jika manusia itu beruntung maka akan masuk surga dan orang yang merugi akan masuk neraka, semuanya kekal abadai, maka penting untuk kita mempersiapkan hari tersebut jangan sampai kita menjadi orang yang menyesal.

Jadi jawaban dari pertanyaan, Alam penantian menunggu datangnya hari kiamat disebut ?, jawabnya adalah alam barzakh. Wallahu a’lam.

Baca Juga:

Speak Your Mind

*