Al Quran Juz 7 Pdf

Kami akan bagikan link download secara gratis untuk anda, khususnya Al Quran juz 7 pdf, karena seperti yang kita tahu ada orang yang lebih senang membuka Al Qur’an dengan smartphone terutama file pdf di banding aplikasi.

Sebelum kami bagikan linknya (link ada di bagian akhir artikel) , alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu semua pertanyaan yang sering di utarakan perihal juz 7 ini dan juga isi kandungan yang terdapat di dalamnya, Berikut ini kami tuliskan pertanyaan dan jawabannya di lanjutkan dengan isi kandungannya secara singkat.

Al Quran Juz 7

al quran juz 7 pdf

Beberapa hal yang sering di tanyakan terkait juz 7 diantaranya adalah.

Juz 7 surat apa saja?

Jawabanya adalah surat AL Maidah dan surat Al An’am, jadi ada 2 surat di dalam juz tujuh ini.

Ada Berapa ayat?

Jawabnya, Jumlah ayat dalam juz ini adalah 149 ayat.

Juz 7 di Alquran halaman berapa?

Jawabnya halaman 122, cara mengetahuinya adalah dengan rumus juz – 1, hasilnya kalikan 2, lalu hasilnya tambahkan angka 2 di akhir, 7-1 = 6, 6×2 = 12, taruh angka 2 di depan 12, jadinya 122.

Menghitung juz lainnya juga sama seperti ini, misal juz 8 ada di halaman berapa?, maka 8-1 = 7, 7×2 =14, jadinya juz 8 ada di halaman 142, silahkan coba dan lihat hasilnya untuk juz yang lain.

Awal dan akhir juz 7 ayat dan surat apa?

Juz ini diawali dengan kata وَإِذَا سَمِعُوا pada surah Al-Maidah ayat 82 dan berakhir di kata يَعْمَهُونَ dalam surah Al-An’am ayat 110.

Isi Kandungan Juz 7

Isi kandungan dari Al Quran juz 7 ini secara garis besarnya di mulai dari surat Al Maidah ayat 83-120 yaitu tentang adat istiadat orang jahiliyah yang terlarang, anjuran berwasiat dengan menghadirkan saksi, bahasan peristiwa pada Hari Kiamat dan beberapa kisah nabi Isa alaihissalam.

Lalu isi kandungan dari surat Al An am adalah tentang keyakinan terhadap kemaha esaan Allah Azza wajalla ,tuntunan dalam interaksi dan menghadapi masyarakat, cara nabi Ibrahim alaihisalam dalam memimpin kaumnya, bahasan tentang kebenaran wahyu, lalu bahasan tentang akibat dari berdusta dan larangan memaki sesembahan lain.

Berikut sedikit kami tuliskan sebagian kecil dari kandungan kedua surat tersebut dalam juz 7.

Juz 7 Surat Al Maidah

Arti Al Maidah adalah Jamuan atau Hidangan, Nama lain al-‘Uqud (Perjanjian-Perjanjian) dan Al-Munqiz (Yang Menyelamatkan), termasuk ke dalam golongan surat Madaniyah, terdapat di juz 6 dan juz 7 rinciannya  Juz Juz 6 (ayat 1-82) lalu Juz 7 (ayat 83-120), berikut beberapa kandungan dari surat Al Maidah.

Pada permulaan juz 7 yaitu ayat 83-86, menyebutkan tentang orang Nasrani yang jika di bacakan ayat Al Quran maka mereka akan menangis karena mengetahui isinya selaras dengan kitabnya Injil, dan mereka membenarkan isi dari ayat AL Quran tersebut, dan bagi yang mengimaninya maka dia selamat, begitupun sebaliknya bagi yang ingkar maka kufur.

Selanjutnya ayat 87-88 di juz 7 ini membicarakan tentang larangan seorang Muslim untuk mengharamkan makanan yang jelas halal, terkait ini ada kaidah tentang makanan, yaitu semua asal makanan dan minuman adalah halal sampai ada dalil yang mengharamkannya.

Pada ayat 89 menjelaskan tentang kafarat orang yang melanggar sumpah dengan sengaja, yaitu memberi makan sepuluh orang miskin, atau memberikan pakaian, atau membebaskan seorang budak. Bagi yang tidak sanggup, bisa diganti puasa 3 hari. Allah juga melarang khamr, berjudi, berkorban untuk berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah. Kebiasaan tersebut adalah kebiasaan Jahiliyah yang dijadikan oleh setan untuk menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara manusia.

Ayat 94-100 adalah penjelasan tentang larangan berburu di saat orang sedang melakukan Ihram, jika melanggar maka dia di denda dengan mengganti binatang ternak yang seimbang atas hasil buruannya tersebut, lalu Allah menguji mereka dengan melepaskan banyak binatang buruan dan penjelasan tenang kafaratnya, lalu di akhir ayat Allah menjelaskan tentang ka’bah yang menjadi pusat peribadatan dan urusan dunia umat manusia.

Ayat 109, diterangkan bahwa suatu hari di akhirat, Allah azza wajalla akan menghimpun para Rasul dan bertanya kepada mereka tentang jawaban kaum mereka saat diseru. Para rasul pun menjawab, mereka tidak memiliki pengetahuan tentang itu.

Kita langsung ke ayat terakhir dari surat al Maaidah ini, tentang nikmat yang di berikan kepada Nabi Isa alaihissalam dan kaumnya, yaitu berupa bisa menghidupkan orang mati dan kaumnya di berikan izin untuk memakan makanan hidangan dari langit, lalu di tanya bagaimana bisa Isa dan Ibunya Maryam di jadikan tuhan selain Allah?.

Dan Nabi Isa mengatakan bahwa Beliau alaihissalam tidak mengajarkan yang demikian, dan mereka (kaumnya) hanya mengada ada saja, tapi Nabi Isa tetap memohonkan ampun untuk kaumnya tersebut, lalu Allah menjawab bahwa ini adalah hari yang akan bermanfaat bagi orang yang benar.

Juz 7 Surat Al An’aam

Arti Al An am adalah binatang ternak, termasuk surat Makkiyah, terdapat di dalam juz 7 ayat 1-110 dan juz 8 ayat 111 sampai ayat 165, berikut beberapa kandungan dalam surat AL An aam.

Kalau di atas dalam surat al Maaidah menjelaskan tentang hujjah kepada ahli kitab, dan dalam surat AL An am ini menjelaskan tentang hujah kepada kaum musyrikin, juga di dalam surat AL an aam ini juga terdapat rincian makanan yang diharamkan.

Ada nama Al An aam yang artinya binatang ternak ini tidak lepas dari adat istiadat yang di lakukan oleh kaum musryikin yang menggunakan binatang ternak untuk mendekatkan diri kepada yang mereka anggap sebagai Tuhan.

Di tiga ayat pertama ayat 1-3 menjelaskan tentang penciptaan dunia beserta isinya (alam semesta), lalu penciptaan manusia yang sudah ditentukan ajalnya, dan juga ketentuan ketika berbangkit, Allah juga mengetahui segala bentuk rahasia dan usaha yang di lakukan oleh semua manusia.

Ayat 4-11 menerangkan tentang bebalnya kaum musryikin karena ketika sudah jelas ayat ayat Allah kepada mereka, namun mereka tetap berpaling dari ayat ayat tersebut, dilanjutkan tentang kisah kaum kaum terdahulu yang mendustakan ayat ayat Allah yang di binasakan di dunia dan terdapat banyak bukti di bumi ini tentang kaum tersebut.

Dalam ayat 12 sampai 21 menjelaskan tentang keagungan Allah subhanahuwataala, dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam di berikan wahyu berupa Al Quran agar memberi peringatan kepada segenap manusia.

Di ayat 22 sampai 32, di jelaskan bahwa kaum Musrikin malah membuat kesaksian atas diri mereka sendiri bahwa kehidupan hanya ada di dunia dan mereka tidak meyakini adanya hari kebangkitan di akhirat kelak.

Ayat 33-37 saat ayat Allah di tolak oleh kaum musyikin Allah membesarkaan hati Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam, karena rasul sebelumnya pun sama sama di tolak oleh kaumnya, dan para Rasul tersebut bersabar sampai datangnya pertolongan Allah azza wajalla. Di jelaskan juga tentang ilmu Allah yang sangat luas dan Allah maha kuasa untuk mencabut pendengaran, penglihatan juga menutup hati mereka yang mendustakan ayat ayat-Nya.

Di akhir juz 7 ayat 165 dari surat AL An aam Allah membuktikan tanda-tanda Keagungan-Nya, yaitu mampu menumbuhkan tumbuh tumbuhan yang asalnya adalah sebuah biji. Dapat menghidupkan dan mematikan makhluk, mengadakan pergantian siang dan malam, menjadikan bintang-bintang sebagai petunjuk di kegelapan malam, serta menurunkan hujan.

Walaupun Allah itu Maha Besar, Allah tetap melarang hamba-Nya untuk menghina sesembahan lain, seperti berhala. Karena akibat dari kita menghina sesembahan lain tersebut maka merekapun akan membalas memaki Allah tanpa batas dan bahkan akan melebihi cacian yang di lakukan Muslimin.

Download Al Qur’an Juz 7 Pdf

Setelah mengetahui sekilas tentang isi kandungan dari Al Quran juz 7 ini, selanjutnya adalah bacaan Al Quran juz 7 lengkap dalam bentuk Pdf, dan kami bagikan 3 link download yang berbeda, yaitu Juz 7 dengan tulisan berwarna, satu warna dan dengan terjemahan.

Berwarna

Al qur’an juz 7 pdf berwarna silahkan download di bawah ini:

Hitam Putih

Al quran juz 7 pdf satu warna atau hitam putih silahkan download di bawah ini:

Dengan Terjemahan

Al quran juz 7 pdf dan terjemahan silahkan download di bawah ini:

Download juga yang di bawah ini:

Speak Your Mind

*